nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Kejati Sumbar Tahan Eks Bupati Mentawai

Rus Akbar, Jurnalis · Rabu 16 November 2011 15:16 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2011 11 16 340 530220 dTbvM1QmU8.jpg Ilustrasi penangkapan (Foto: Ist)

PADANG- Setelah bertahun-tahun ditetapkan sebagai tersangka, mantan Bupati Kepulauan Mentawai Edison Saleleubaja diamankan petugas dari Kejaksaan Tinggi Sumatera Barat (Kejati Sumbar) hari ini.

Mantan Bupati Kabupaten Kepulauan Mentawai yang habis pada 14 Oktober lalu itu, terkait kasus dugaan korupsi dana provinsi sumber daya hutan Dinas Kehutanan Mentawai.

Dugaan penyelewengan ini terjadi sejak 2003 hingga 2004 senilai Rp1,5 miliar. Sebelum diseret ke LP Muaro Padang, Edison menjalani pemeriksaan di Kejati Sumbar sejak pukul 08.45 WIB di Jalan Pancasila, Padang.

“Penahanan ini dilakukan agar tersangka tidak melarikan diri atau menghilangkan barang bukti, seperti Pasal 21 KUHAP," kata Ikhwan Ratsudi Kasi Penerangan Hukum Kejati Sumbar, Rabu (16/11/2011).

Ikhwan menjelaskan, Edison ini sebagai tersangka penyalahgunaan dana upah pungut sebesar Rp1,5 miliar atau 10 persen dari total anggaran Dana Provisi Sumber Daya Hutan Dishut Mentawai yang mencapai Rp15 miliar.

“Edison sudah ditetapkan sebagai tersangka sejak 8 Desember 2010, saat itu dia masih menjabat Bupati Mentawai,” ungkapnya.

Selain ditetapkan tersangka, Edison juga sudah dicekal ke luar negeri baik dari Kejati Sumbar maupun Kantor Imigrasi Sumbar. “Edison ini sudah kita periksa sejak dua hari lalu dan hari ini kita titipkan di LP Klass II Muaro Padang,” ujarnya.

Kalapas LP Klass II Muaro Padang, Elly Yusar, Edison merupakan tahanan titipan dari Kejati Sumbar, dia dititip selama 20 hari ini.

“Kini dia ditahan di ruang masa perkenalan lingkungan (maapersnaling), ini lamanya selama seminggu kemudian baru dipindahkan,” pungkasnya.

(kem)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini