Share

Software Migas UI Jawara Dunia

Marieska Harya Virdhani, Okezone · Selasa 06 Desember 2011 12:08 WIB
https: img.okezone.com content 2011 12 06 373 538444 mGQUCnQZsK.jpg Image: corbis.com

DEPOK – Universitas Indonesia (UI) kembali meraih prestasi dan mengalahkan peserta Perguruan Tinggi Negeri (PTN) lainnya. Tim Mahasiswa UI menjadi Juara Nasional dari dalam Kompetisi Pengembangan Software Komersial bidang Migas 2011.

Tim dari Geophysics, FMIPA UI ini berhasil membawa pulang uang USD7.000 sebagai pemenang juara 1, mengalahkan para peserta lainnya yaitu Institut Teknologi Bandung (ITB), Universitas Gadjah Mada (UGM), Universitas Trisakti dan Universitas Pembangunan Nasional (UPN).

Baca Juga: Dukung Pengawasan Sumber Daya Kelautan dan Perikanan, Kabupaten Morowali Hibahkan Tanah ke KKP

Kepala Deputi Sekretariat Pimpinan UI Devie Rahmawati mengatakan, perlombaan yang diadakan oleh perusahaan migas internasional Slumberger ini, merupakan kali pertama dilakukan di Indonesia.

“Di berbagai negara seperti India dan Brasil, ini merupakan kompetisi tahunan bagi para mahasiswa,” tuturnya dalam rilis kepada okezone, Selasa (06/12/2011).

UI sendiri, kata Devie, mengirimkan dua tim. Tim yang terdiri dari mahasiswa sarjana strata satu menjadi pemenang ketiga.

“Sedangkan tim dari mahasiswa program pascasarjana (master) berhasil menduduki tempat pertama, dan akan mewakili Indonesia dalam ajang kompetisi dunia,” jelasnya.

Kemenangan yang diraih Tim UI, bukan hal yang mudah. Mereka membuat sebuah software yang berguna untuk melakukan analisa geologi reservoir.

“Yaitu semacam alat untuk memetakan hidrokarbon yang menjadi jalan mendeteksi sumber deposit migas di bawah permukaan tanah, ini menjadi tambahan koleksi prestasi bagi kami,” ujar Devie.

(rfa)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini