nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Sate Terpanjang Ini Antar Undip Masuk MURI

Rifa Nadia Nurfuadah, Jurnalis · Selasa 13 Desember 2011 13:06 WIB
https: img.okeinfo.net content 2011 12 13 373 541616 KX6Q9QcGqB.jpg Sate Undip sepanjang 181,6 m dinobatkan menjadi Sate Terpanjang di Indonesia (Foto: dok Undip)

JAKARTA - Kebayang enggak, ada sate sepanjang 181,16 m?

Sate ini dibuat oleh civitas academica Fakultas Peternakan (Fapet) Universitas Diponegoro (Undip) dalam rangkaian acara temu alumni Fapet Undip bertajuk 'Pulang Kandang'. Tak ayal, sate Undip pun dinobatkan menjadi Sate Terpanjang di Indonesia dan dicatatkan dalam buku rekor Museum Rekor Indonesia (Muri).

Rekor ini mengalahkan rekor sate terpanjang sebelumnya yang dicetak di Provinsi Malinau pada November 2008 lalu. Ketika itu, panjang sate hanya 105 m.

Meski demikian, pemecahan rekor ini bukanlah untuk ajang menyombongkan diri. Seperti diungkap Pembantu Dekan III Fakultas Peternakan Undip Ir. Bambang Sulistiyanto, MAgrSc, Ph.D., pemecahan rekor Muri bukanlah tujuan akhir, melainkan media pembelajaran bagi mahasiswa agar memahami bahwa kesuksesan akan mampu diraih jika diusahakan secara maksimal.

"Pemecahan Rekor Muri ini diharapkan dapat memotivasi mahasiswa, terutama mahasiswa baru untuk menggali potensi pada hal yang sifatnya menarik," ujar Bambang seperti disitat dari situs Undip, Selasa (13/12/2011).

Tidak hanya menjadi media motivasi dan pembelajaran, menurut Bambang, acara ini juga merupakan agenda pengenalan program studi (prodi) Ilmu Pangan. Rencananya, prodi ini akan dimasukkan ke dalam kurikulum seiring dengan perubahan nama Fakultas Peternakan Undip menjadi Fakultas Peternakan dan Pertanian pada Januari 2012 mendatang.

Rangkaian acara 'Pulang Kandang' tersebut dihelat di Gedung Prof. Soedarto, Kampus Undip Tembalang, akhir pekan lalu. Meski di tengah cuaca tidak menentu, antusiasme pengunjung tidak surut.

Menurut Presiden BEM Fapet Undip Solikhul Mahfudi, hal itu ditunjukkan salah satunya dengan kursi yang disediakan panitia hampir penuh. 

"Acaranya sukses sekali, karena lebih meriah dari yang kita perkirakan. Semoga ini merupakan awal kebangkitan Fakultas Peternakan dan semoga bisa menjadi lebih baik lagi," imbuhnya.

Pihak Muri sendiri mengaku sangat antusias dengan acara tersebut. Deputi Manajer Muri Desi Dwianestia mengungkapkan kegiatan ini bisa berjalan dengan lancar dan tertib di tengah cuaca yang tidak menentu.  "Satenya higienis, panitianya juga bagus," kata Desi.

(rfa)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini