nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Prancis Kembalikan Fosil Kerangka Kuda Air ke Indonesia

Roso Prajoko, Jurnalis · Jum'at 16 Desember 2011 09:02 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2011 12 16 337 543071 6yhWAZ1fjW.jpg Museum Purbakala Sangiran (blog.umy.ac.id)

SRAGEN - Fosil kerangka kuda air yang diperkirakan berusia 1,2 juta diserahkan dari Pemerintah Prancis ke Pemerintah Indonesia untuk disimpan di Museum Purbakala di Sangiran, Sragen, Jawa Tengah.

Fosil kerangka kuda air tersebut ditemukan saat penelitian di Desa Bukuran, Kalijambe, Sragen, pada tahun lalu. Biaya penelitian ditanggung Pemerintah Prancis.

Penyerahan dilakukan Duta Besar Prancis untuk Indonesia Berthan D Harthing kepada Wakil Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Windu Nuryanti di Museum Purbakala Sangiran, kemarin.

Kepala Balai Pelestarian Manusia Purba di Sangiran, Harry Widianto, fosil kuda air ini merupakan temuan sangat luar biasa. Disebut luar biasa karena usia fosil mencapai jutaan tahun. Selain itu sangat langka ditemukan kerangka kuda air hampir utuh yakni 80 persen.

Penyerahan fosil kuda air ini juga menambah koleksi Museum Purbakala yang mencapai hampir 10 ribu jenis kerangka manusia dan hewan purba.

Museum Purbakala kini menyimpan fosil yang mewakli 65 persen manusia purba di dunia. Tak heran Museum Manusia Purba dijadikan sebagai warisan dunia oleh UNESCO.

(ton)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini