nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Puluhan Rumah Hancur Dihantam Ombak & Abrasi

Herman Mochtar, Koran SI · Rabu 28 Desember 2011 08:16 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2011 12 28 340 548094 JmEWMI73if.jpg Rumah warga di pantai Mamuju rusak diterjang ombak (Foto: Koran SI/Herman M)

MAMUJU - Hujan lebat dan gelombang tinggi menghancurkan sedikitnya 35 rumah penduduk di Desa Tampalang, Kecamatan Tapalang, Kabupaten Mamuju, Sulawesi Barat. Bahkan beberapa perabot rumah seperti kursi dan lemari hanyut ke laut.

Rumah panggung yang berada di bibir pantai sudah tidak bisa dihuni lagi. Pondasi rumah tidak mampu menahan abrasi, sehingga miring. Ditambah, cuaca buruk di perairan Mamuju menyebabkan gelombang tinggi dan menghantam rumah yang sebagian besar terbuat dari kayu.

Seorang warga setempat, Soleh, menuturkan gelombang tinggi sudah terjadi sejak Selasa kemarin pukul 18.00 Wita disertai hujan deras dan angin kencang.

“Awalnya warga bertahan, namun seketika berhamburan keluar saat rumah mulai goyang,” kata Soleh, Rabu (28/12/2011).

Hingga pukul pagi tadi 05.00 Wita sebagian warga Desa Tampalang masih menyisir rumah masing-masing, mengumpulkan barang-barang yang masih bisa dipakai.

Kepala Badan Penaggulangan Bencana Daerah Sulbar, Rusdi Syah, mengaku sudah menerjunkan anggotanya ke lokasi. Dia juga mengaku sudah berkoordinasi dengan Pemkab Mamuju untuk penanganan lebih lanjut.

Selama 2011, sudah dua kali daerah tersebut dilanda abrasi. Musibah pertama terjadi pada Juni lalu. Ketika itu Pemprov Sulbar dan Pemkab Mamuju memberikan bantuan sandang, pangan, dan biaya untuk rehabilitasi rumah warga.

(ton)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini