Share

Gara-Gara Rendra, Ganjar Nyaris Tak Jadi Rektor Unpad

Iman Herdiana, Okezone · Jum'at 06 Januari 2012 19:01 WIB
https: img.okezone.com content 2012 01 06 373 553016 cQ3OvG4N7T.jpg Rektor Unpad Ganjar Kurnia bersama istri WS Rendra, Ken Zuraida (Foto: Iman Herdiana/okezone)

BANDUNG - Rektor Universitas Padjdjaran (Unpad) Ganjar Kurnia mengaku terpengaruh oleh karya-karya penyair almarhum WS Rendra.

Ganjar terutama sangat terkesan oleh teater Mastodon dan Burung Kondor yang dipentaskan Bengkel Teater Rendra 39 tahun lalu yang kini akan dipentaskan kembali di Unpad. Saat itu, Ganjar masih kelas tiga SMA ketika nonton teater yang dicekal Pemerintah Orde Baru itu.

Baca Juga: Dukung Pengawasan Sumber Daya Kelautan dan Perikanan, Kabupaten Morowali Hibahkan Tanah ke KKP

"Saya pertama kali nonton Mastodon dan Burung Kondor pada 1973 lalu, sudah Hampir 40 tahun. Bahkan saya hampir tergelincir gara-gara nonton Mastodon," tutur Ganjar dalam jumpa pers pementasan Mastodon dan Burung Kondor di Unpad Bandung, Jumat (6/1/2012).

Maksud tergelincir, jelas Ganjar, dia merasa terpengaruh oleh ide-ide kritis Rendra yang ada pada lakon Mastodon. "Dalam lakon Mastodon ada pengayaan atau proses nalar dan berpikir," sebutnya.

Akibatnya, Ganjar tertarik untuk pindah sekolah ke Yogyakarta, meskipun tidak jadi. "Untungnya dulu saya tak jadi pindah ke Yogya setelah menonton. Jika jadi mungkin saya sekarang tidak jadi Rektor Unpad dan mendukung pementasan Mastodon di sini," kelakarnya.

Sementara istri Rendra, Ken Zuraida yang hadir dalam kesempatan itu, mengaku kagum dengan respons Ganjar Kurnia yang mau mendukung pementasan Mastodon di Kampus Unpad.

Kerja sama Ken Zuraida Project dengan Unpad, kata Ken, sebenarnya terkait dengan gagasan Rendra. Dalam terminologi Rendra, kampus adalah penggodok calon intelektual, budayawan, pemimpin, dan calon tokoh masyarakat. Rendra menyebut kampus sebagai pusat kebudayaan.

"Bandung punya Ganjar Kurnia yang beberapa tahun masa jabatannya sudah menyulap kampus sebagai pusat kebudayaan," kata Ken.

Menurutnya, Unpad bukan hanya rajin menggelar pentas seni, tapi dia melihat sudah ada pembangunan infrastruktur yang mengarah kepada kampus sebagai pusat kebudayaan.

"Saya bukan promosikan Unpad, tetapi selama sebulan saya menyelinap ke Kampus Jatinangor, Dago, dan Dipati Ukur, memang terlihat ada upaya untuk menjadikan kampus sebagai pusat kebudayaan," pungkasnya.

Sebagai informasi, lakon teater Mastodon dan Burung Kondor karya almarhum WS Rendra akan digelar di Universitas Padjdjaran (Unpad) Bandung mulai 12 hingga 13 Januari 2012, tepatnya di Graha Sanusi Hardjadinata Unpad Bandung mulai pukul 19.30 WIB.

(rfa)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini