Kapolri Perintahkan Buru Sumber Pemasok Senpi di Aceh

Solichan Arif, Koran SI · Kamis 12 Januari 2012 16:37 WIB
https: img.okezone.com content 2012 01 12 340 556160 GFHrNIJfMc.jpg Timur Pradopo (Foto: Koran SI)

BLITAR - Kapolri Jendral Pol Timur Pradopo memerintahkan anggotanya memburu asal senjata api yang digunakan para pelaku dalam sejumlah penembakan di Aceh.

Jika diketahui dari mana senjata berasal, polisi akan lebih mudah mengungkap motif sesungguhnya peristiwa berdarah tersebut.

“Kami akan ungkap kenapa mereka (pelaku) sampai bisa membawa senjata,” ujarnya di rumah kakak kandung Panglima TNI Laksamana Agus Suhartono di Kelurahan Sukorejo, Blitar, Jawa Timur, Kamis (12/1/2012).

Sejauh ini, lanjut dia, Polri belum bisa memastikan latar belakang insiden berdarah tersebut apakah terkait dengan Gerakan Aceh Merdeka (GAM) atau kriminal murni. Sebab beberapa peristiwa penembakan tidak saling berkaitan.

Seperti diketahui, pada 31 Desember 2011 Mess Telkom di Bireun, Aceh, diserang orang tidak dikenal. Pelaku menembaki pekerja galian kabel yang hendak tidur.

Dalam peritiwa tersebut, tiga pekerja tewas dan tujuh lainya menderita luka. Seluruh korban merupakan pendatang dari Jawa Timur.

Sehari kemudian, 1 Januari 2012, seorang warga di Desa Seureuke, Kecamatan Langkahan, Aceh Utara tewas ditembak. Penembakan ini terjadi di sebuah warung kopi menewaskan seorang dan melukai seorang lainnya.

Kelompok tak dikenal ini juga menyerang dua rumah warga. Jauh hari sebelumnya juga terjadi penembakan di PT Setia Agung, Aceh Utara.

Insiden tersebut menewaskan tiga orang serta melukai lima lainnya. Penembakan juga terjadi perusahaan survei minyak dan gas PT Zaratex NV di Sawang, Aceh Utara.

Menurut Timur, dua kejadian sebelumnya (selain 31 Desember 2011 dan 1 Januari) adalah kriminal murni dan tidak terkait dengan pemilukada.

“Yang pasti kami akan bekerja keras mengungkap kasus ini. Jadi tunggu saja,“ pungkasnya.

Kapolri Timur Pradopo bersama Panglima TNI Agus Suhartono hari ini berkunjung ke Kota Blitar di sela mendampingi Presiden Susilo Bambang Yudhoyono yang berkunjung ke Jawa Timur.

(ton)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini