nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Puluhan Hiu Tutul Muncul di Selat Madura

Taufik Syahrawi, Jurnalis · Sabtu 14 Januari 2012 12:13 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2012 01 14 340 557091 DiRjiAfzun.jpg Hiu tutul yang terdampar di Selat Madura (Foto: Taufik S/Sindo TV)

SAMPANG - Warga Sampang, Madura, Jawa Timur, dihebohkan dengan kemunculan puluhan hiu tutul di perairan pantai Camplong, Sampang, Selat Madura.

Puluhan hiu tutul tersebut mulai nampak di perairan Pantai Camplong sejak Jumat 13 Januari siang kemarin. Meski terlihat dari bibir pantai, banyak warga yang penasaran. Mereka pun menyewa perahu nelayan untuk bisa melihat lebih dekat.

Ikan yang berukuran cukup besar ini memang terlihat menakjubkan. Mereka tampak asyik berenang dan tidak merasa terganggu dengan kehadiran warga yang mendekat dengan perahu nelayan.

Kawanan hiu tutul ini pun tidak agresif dan terlihat jinak tidak seperti jenis hiu lainnya yang biasanya ganas. Bahkan ikan dengan kulit hitam bintik-bintik putih ini mendekat beberapa kali ke perahu nelayan.

Tidak heran jika kemunculan kawanan hiu tutul ini menjadi daya tarik tersendiri bagi warga untuk melihat secara lebih dekat.

“Penasaran, mas. Dilihat dari dekat asyik juga, mereka juga bersahabat dengan manusia”, ujar Wawan, warga kota Sampang yang turut bersama warga lain naik perahu nelayan untuk melihat hiu tutul tersebut.

Di kalangan nelayan Madura, hiu tutul ini biasa disebut jukok kek-pakek. Sejumlah nelayan mengatakan, biasanya hiu tutul memang muncul di Selat Madura kala musim penghujan. Namun kemunculannya kali ini lebih banyak dari tahun sebelumnya.

“Tahun kemarin juga ada mas, tpi hanya beberapa ekor. Tahun sebelumnya juga begitu. Kali ini saja yang cukup banyak hingga puluhan ekor. Kayaknya lebih dari 20 ekor,” kata Supriyadi, salah seorang nelayan pantai Camplong.

Yang membuat menarik lagi, munculnya hiu tutul ini dipercaya akan membawa keberuntungan bagi para nelayan setempat yaitu akan mendapatkan tangkapan ikan yang melimpah.

Rombongan ikan tutul ini diperkirakan akan berada di perairan Pantai Camplong, Sampang, selama beberapa hari ke depan. Jadi buat Anda yang penasaran melihat hiu tersebut ada baiknya segera mengunjungi pantai Camplong akhir pekan ini.

(kem)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini