nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Jalan Sudirman Berlubang, Ini Jawabannya

Tri Kurniawan, Jurnalis · Senin 16 Januari 2012 18:34 WIB
https: img.okeinfo.net content 2012 01 16 338 558111 WCgpMJIAuy.jpg Jalan rusak (Foto: Runi/Okezone)

JAKARTA - Pascapembangunan gorong-gorong, kondisi permukaan Jalan Jenderal Sudirman sangat tidak nyaman untuk dilalui pengendara, bahkan berdampak pada jatuhnya korban.

Bukan hanya menimbulkaan permukaan jalan yang berlobang, pembangunan gorong-gorong juga menimbulkan lubang saluran air dari jalan menuju lubang saluran air. Meski sudah ditutupi besi, lubang yang dalamnya sekira 10 centimeter itu sangat membahayakan, terlebih posisinya ada di tengah jalan.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum DKI Jakarta Erry Basworo mengatakan, proses pembenahan ruas Jalan Jenderal Sudirman belum rampung dan masih terus dikerjakan.

"Sekarang masih dalam proses pemadatan," kata dia di kantornya, Jalan Jatibaru, Tanah Abang, Jakarta Pusat, Senin (16/1/2012).

Dia mengatakan, ruas Jalan Semanggi di sisi sebalah barat dan timur sudah mantap. Artinya sudah dilakukan dua tahap pengaspalan. Begitu juga dengan ruas jalan bekas pembangunan gorong-gorong di depan Kampus Atmajaya.

"Tinggal yang di dekat Benhil, itu tiap malam dikerjakan tapi kalau hujan kita berheti," ungkapnya.

Tidak sampai disitu prosesnya, kata Erry, setelah dipastikan seluruh aspal di ruas jalan tersebut mantap maka akan kembali dilakukan pengaspalan agar seluruh permukaan ruas jalan lama yang tidak di bongkar dan yang terkena pembangunan gorong-gorong jadi rata.

"Jadi fungsi jalannya akan kembali normal balik lagi ke semula," tuturnya. Erry juga mengatakan, pembenahan grill atau letak besi untuk menyalurkan air ke dalam gorong-gorong terlalu dalam juga akan dilakukan jika permukaan jalan sudah matap.

"Nanti setelah sudah dilapis itu akan kita naikin, dibuka kemudian diangkat diganjal di empat sisi tapi harus sedikit dibawah aspal karena kalau di atas aspal air dilarang manjat. Paling kita naikkan dua centimeter," tutupnya.

(ded)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini