Share

'Rojo Segoro' ITS Berlayar ke Irlandia

Nurul Arifin, Okezone · Selasa 24 Januari 2012 18:38 WIB
https: img.okezone.com content 2012 01 24 373 562681 eDGZYZ7fo5.jpg Caption : Kapal Rojo Segoro siap berangkat ke Irlandia (Foto : Humasy ITS/Okezone)

SURABAYA - Kapal 'Rojo Segoro' buatan Tim Maritime Challenge (MC) Institut Teknologi Sepuluh November (ITS) telah siap mengikuti 'Atlantic Challenge International 2012' di Bantry, Irlandia pada 21-31 Juli 2012 mendatang. Kapal Rojo Segoro ini merupakan kapal ketiga yang dibuat oleh tim tersebut.

Menurut Pembina Tim ITS MC Daniel M Rosyid, lomba di Irlandia itu merupakan kali keenam yang diikuti ITS sejak 2002 lalu. Rojo Segoro merupakan kapal ketiga yang diberangkatkan sejak 2002 lalu. Sedangkan generasi pertama adalah Kapal Merdeka I dan yang kedua adalah Kapal Merdeka II.

Baca Juga: Lifebuoy x MNC Peduli Ajak Masyarakat Berbagi Kebaikan dengan Donasi Rambut, Catat Tanggalnya!

Tim MC ITS ini merupakan satu-satunya wakil dari Asia Pasifik yang sudah mengikuti ajang Bahari International sejak 2002. Pada tahun itu, Tim MC ITS menggunakan Kapal Merdeka I untuk berlaga pada Atlantic Challenge di AS dengan meraih penghargaan sebagai kapal tercantik dan tropi Spirit Challenge sebagai tim yang sportif dan memiliki spirit.

Kemudian, pada 2004 kapal ini berlaga di Prancis, mereka juga unjuk kebolehan di Italia (2006), Finlandia (2008), dan Kanada (2010). Di Italia, tim MC membawa misi budaya dengan mengenalkan kapal tradisional Gole`an dari Madura. Pada 2010, tim MC menggunakan Kapal Merdeka II yang diberi nama Kapal 'Garuda Nusantara'.

"Akhirnya menjadi kapal percontohan dalam berbagai workshop di AS," katanya, Selasa (24/1/2012).

Hari ini, kapal berbahan dasar kayu itu diluncurkan Kepala Staf Komando Armada RI Kawasan Timur (Kasarmatim) Laksamana Pertama TNI Djoko Teguh Wahojo, Pembantu Rektor (PR) I ITS Prof Herman Sasongko, dan sejumlah instansi dari Dinas Kelautan dan Perikanan Surabaya, BNI, PT SIER, PAI, dan Jotun di Markas Koarmatim, Surabaya.

(rfa)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini