Share

PTN Bersiap Buka Jalur Undangan

Rabu 25 Januari 2012 08:40 WIB
https: img.okezone.com content 2012 01 25 373 562849 YqC26C4U4j.jpg Image: corbis.com

SURABAYA – Sejumlah perguruan tinggi negeri (PTN) bersiap menghadapi pendaftaran seleksi nasional masuk perguruan tinggi negeri (SNMPTN) jalur undangan pada 1 Februari mendatang.

Pembantu Rektor I Universitas Negeri Surabaya (Unesa) Kisyani menjelaskan, Unesa akan menerima 60 persen mahasiswa lewat jalur tes SNMPTN dan 40 persen lewat jalur undangan atau yang juga biasa disebut dengan jalur prestasi.

Saat ini Unesa sudah menyiapkan perangkat untuk sosialisasi SNMPTN ke sekolah-sekolah di daerah. Untuk seleksi jalur prestasi, kata Kisyani, ada beberapa hal yang dinilai antara lain nilai Ujian Nasional (UN) siswa, nilai rapor, serta prestasi yang sudah diraih dalam berbagai kejuaraan.

"Untuk prestasi yang kejuaraannya (harus) bersifat nasional dan internasional. Itu jelas akan menjadi prioritas kami. Sebab prestasinya betul-betul ada kompetisi yang melibatkan banyak sekolah," katanya.

Unesa tidak mau lagi menggunakan rapor SMA sebagai rujukan utama. Karena saat nilai rapor SMA dijadikan rujukan jalur prestasi, banyak nilai 10 ada di rapor siswa. Padahal kualitas nilai 10 antara SMA satu dengan yang lain berbeda. Karena itu yang menjadi perhatian adalah kejuaraan prestasi di tingkat nasional dan internasional.

Untuk jalur prestasi ini sosialisasi bisa dilakukan lebih menyeluruh. Sekolah-sekolah di daerah terpencil pun bisa terjangkau.

"Jalur undangan (prestasi) ini banyak siswa-siswa dari pelosok yang ikut. Mereka tidak akan ketinggalan informasi, sebab kepala sekolah yang memberikan kabar," kata Kisyani.

Sementara itu Pembantu Rektor I Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Herman Sasongko mengatakan persiapan jalur prestasi sudah matang dilakukan. Bahkan undangan-undangan sudah disampaikan ke kepala dinas di daerah untuk diteruskan ke kepala sekolah.

"Kami sudah mengubungi kepala dinas untuk menyampaikan informasi pembukaan  jalur undangan," katanya.

Herman mengaku akan memilih siswa yang benar-benar berprestasi. "Kami akan menyeleksi siswa-siswa yang berprestasi. Mereka tidak butuh tes, tapi kami tetap menyaringnya," katanya.

Terpisah, Wakil Rektor Universitas Airlangga (Unair) Achmad Syahrani mengatakan, tahun 2012 ini ada perubahan mendasar terkait penerimaan mahasiswa baru (maba). Dari total maba yang akan diterima yakni 4.710 orang, Unair akan menerima jalur tes SNMPTN sebanyak 60 persen. Dari jumlah tersebut 40 persennya adalah lewat jalur undangan dan 20 persen sisanya adalah lewat tes tulis SNMPTN.

"Tahun lalu Unair belum siap menerima maba lewat jalur undangan. Baru tahun ini kita ada. Dan ini memang yang paling ditunggu-tunggu oleh masyarakat," katanya. (arief ardliyanto/koran si)

(rfa)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini