Share

Unand & UNP Siap Tampung 7.499 Mahasiswa

Rus Akbar, Okezone · Kamis 26 Januari 2012 11:52 WIB
https: img.okezone.com content 2012 01 26 373 563768 HKyfHizhaF.jpg Image: corbis.com

PADANG - Tahun ini, dua perguruan tinggi negeri (PTN) di Padang, Sumatra Barat, akan menerima 7.499 mahasiswa baru. Kedua PTN tersebut adalah Universitas Andalas (Unand) dan Universitas Negeri Padang (UNP).

 

Pembantu Rektor I Unand Febrin Anas Ismail  mengatakan, tahun ini mereka akan menerima 4.940 mahasiswa baru melalui jalur Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN), undangan dan ujian mandiri.

"Kalau jalur SNMPTN akan diterima 3.211 mahasiswa atau 65 persen dari total kuota penerimaan mahasiswa baru. Sementara melalui jalur undangan dan mandiri tahun ini menerima 1.729 mahasiswa baru," kata Febrin saat dihubungi okezone, Kamis (26/1/2012).

 

Febrin mengimbuhkan, jurusan yang diminati di Unand adalah kedokteran, farmasi, dan akuntansi. Meski demikian, Febrin mengaku, seluruh fakultas dan jurusan selalu diisi.

"Calon mahasiswa baru akan diterima di 11 fakultas dan 39 jurusan yang semuanya terisi," ungkapnya.

 

Unand juga memfasilitasi calon mahasiswa yang berprestasi dan tidak mampu, melalui beasiswa Bidik Misi yang disiapkan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. "Tahun lalu mahasiswa yang menerima beasiswa itu ada 750 orang, dan tahun ini ditargetkan 1.000 penerima," katanya.

 

Sementara, UNP akan menerima 2.559 mahasiswa baru melalui jalur undangan dan ujian tulis SNMPTN. "Penerimaan mahasiswa baru melalui jalur SNMPTN tahun ini mengalami peningkatan dibandingkan tahun lalu yang hanya menerima 1.827 mahasiswa," kata Pembantu Rektor I UNP Yanuar Kiram.

 

UNP menyediakan tujuh Fakultas dan 47 jurusan. Para calon mahasiswa memilih Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD), Informasi Teknologi dan Komputer, Olah Raga, serta Bahasa Inggris sebagai jurusan favorit.

(rfa)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini