Share

Uncen Lampaui Kuota SNMPTN

Margaret Puspitarini, Okezone · Kamis 26 Januari 2012 19:52 WIB
https: img.okezone.com content 2012 01 26 373 564240 ayjCklWpGt.jpg Ilustrasi: ist.

JAKARTA - Universitas Cendrawasih (Uncen) Papua tidak dapat memenuhi kuota penerimaan mahasiswa baru yang ditentukan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud).

Ketentuan itu menyebutkan, daya tampung perguruan tinggi negeri (PTN) pada 2012 adalah 60 persen melalui jalur Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) baik tulis maupun undangan,  serta 40 persen bagi jalur mandiri.

Rektor Uncen Simbiak mengungkapkan, adanya pengecualian ini karena tuntutan masyarakat yang begitu tinggi.

"Di Papua, tuntutan masyarakat dan pemerintah provinsi agar masyarakat Papua menempuh pendidikan tinggi sangat besar, maka kami tidak dapat memenuhi ketentuan tersebut," kata Simbiak di Hotel Sahid Jakarta Pusat, Kamis (26/1/2012) selepas briefing SNMPTN 2012 dengan wakil rektor (warek) berbagai universitas.

Simbiak menjelaskan, komposisi 60-40 melalui jalur SNMPTN akan memperkecil kesempatan masuk Uncen bagi generasi muda Papua. "Jika daya tampung SNMPTN 60 persen, secara logika kesempatan masyarakat asli Papua untuk kuliah di Uncen akan semakin kecil dan justru terisi oleh mahasiswa dari luar Papua. Hal ini akan menimbulkan pertanyaan di masyarakat Papua," katanya menerangkan.

Kondisi tersebut, diakui Simbiak, telah dibicarakan dengan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) dan Dirjen Dikti. "Kami sudah menyampaikan kondisi masyarakat Papua kepada Pak Menteri dan Dirjen Dikti sehingga tidak dapat memenuhi ketentuan daya tampung tersebut, dan mereka memakluminya," ujar mantan Pembantu Rektor (PR) 1 Uncen ini.

Pada tahun akademis 2012-2013, Uncen menyediakan kuota keseluruhan bagi mahasiswa baru dengan total 4.500 kursi. Untuk jalur mandiri diberikan jatah kursi 60 persen dari jumlah total, yakni 2.700 dan sisanya lewat jalur SNMPTN.

"Dengan demikian kesempatan masyarakat asli Papua menempuh pendidikan tinggi akan semakin besar," tutur pria berkacamata ini.

(rfa)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini