Share

PTN Siap Penuhi Kuota Mahasiswa Baru

Margaret Puspitarini, Okezone · Jum'at 27 Januari 2012 10:35 WIB
https: img.okezone.com content 2012 01 27 373 564457 BRk8DjgXJi.jpg Image: corbis.com

JAKARTA - Sejumlah perguruan tinggi negeri (PTN) siap memenuhi kouta penerimaan mahasiswa baru sesuai ketentuan pemerintah.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (kemendikbud) menyaratkan PTN untuk menerima 60 persen mahasiswa baru dari jalur Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN), baik jalur undangan maupun ujian tertulis, serta sisanya lewat jalur mandiri.

Hal ini dikemukakan oleh beberapa wakil rektor (warek) atau Pembantu Rektor (PR) 1 dari sejumlah PTN di Tanah Air yang menghadiri briefing SNMPTN 2012. Di antaranya, PR I Universitas Sumatera Utara (USU) Zulkifli Nasution, PR II Universitas Haluuleo (Unhalu) Kendari, Sulawesi Tenggara La Sara, PR I Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya Herman Sasongko, serta Rektor Universitas Cenderawasih (Uncen) Papua Simbiak.

Zulkifli Nasution menyebutkan, tahun ini tidak ada perubahan daya tampung bagi penerimaan mahasiswa baru di USU. "Tidak ada peningkatan kuota mahasiswa baru di Usu. Hingga 2020, dalam upaya pengembangan dan peningkatan USU, jumlah daya tampung akan stagnan, yakni sekira 6.000 mahasiswa baru," kata Zulkifli selepas acara briefing SNMPTN 2012 di Hotel Sahid, Jakarta Pusat, tadi malam.

Dia menyebutkan, kuota sekira 6.000 tersebut diperuntukkan bagi semua jalur penerimaan mahasiswa baru yang ada di USU. "Jadi daya tampung sekira 6.000 itu untuk semua jalur, yakni SNMPTN, mandiri, dan internasional," ujarnya menjelaskan.

Mengenai jalur mandiri dan internasional, USU memiliki mekanisme tersendiri. "Untuk soal ujian mandiri USU berasal dari panitia SNMPTN. Berbeda dengan soal SNMPTN, tapi bukan kami yang menyediakan. Sementara untuk jalur internasional, daya tampungnya sekira 100 dan pelaksanaan ujiannya di luar negeri," tutur Zulkifli.

Jika di USU tidak ada penambahan daya tampung untuk mahasiswa baru pada 2012, lain halnya dengan Unhalu. La Sara menyebutkan, tahun ini daya tampung mahasiswa Unhalu bertambah menjadi 3.000 dari sebelumnya 2.500 mahasiswa baru.

"Ada peningkatan daya tampung di Unhalu pada tahun ini, karena kami membuka dua fakultas baru, yakni Fakultas Peternakan dan Fakultas Kesehatan Masyarakat," kata La Sara.

Untuk komposisi jalur SNMPTN dan mandiri, lanjutnya, yakni sebesar 60-40. "Jalur undangan sebesar 20 persen atau sekira 600 dan ujian tulis sekira 1.800. Sisanya untuk jalur mandiri," tuturnya.

Di ITS, Herman Sasongko mengungkapkan, daya tampung untuk mahasiswa baru pada 2012 sebanyak 3.114 orang. "Jumlah tersebut merupakan total keseluruhan daya tampung mahasiswa baru untuk semua jalur, baik mandiri maupun SNMPTN," kata Herman.

Mengenai jalur undangan yang akan dibuka pendaftarannya secara serentak pada 1 Februari mendatang, dia menyebutkan, akan ada peningkatan jumlah pendaftar. "Pasti ada peningkatan dibandingkan tahun lalu karena jumlah jalur undangan tahun ini ditetapkan tidak boleh kurang dari 10 persen," ujarnya.

(rfa)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini