nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Apa Sih GMAT, GRE, dan LSAT Itu?

Hanna Meinita, Jurnalis · Sabtu 28 Januari 2012 11:47 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2012 01 27 373 564977 zFbCpNp4RU.jpg Image: corbis.com

SISTEM pendidikan tinggi di Amerika Serikat (AS) tergantung kepada tes atau standar khusus, yang harus diikuti calon mahasiswa jika ingin mendaftar ke perguruan tinggi atau program tertentu.

Hasil ujian ini menjadi penting karena menawarkan perguruan tinggi dasar penilaian dari kemampuan calon mahasiswa yang ingin melamar. Berikut jenis-jenis ujian masuk perguruan tinggi di Amerika seperti dikutip dari International Student Guide to the USA, Sabtu (28/1/2012).

Tes Masuk Pascasarjana Manajemen (GMAT)

Jika ingin kuliah pascasarjana manajemen di Amerika, GMAT merupakan bagian penting dari aplikasi yang akan kamu ajukan. GMAT merupakan ujian dengan sistem komputer selama 3,5 jam yang meliputi tes keterampilan menulis analitis, serta keterampilan kuantitatif dan kemampuan verbal (pemahaman, koreksi kalimat dan nalar kritis). Ada 78 pertanyaan pilihan ganda dan dua esai analitis yang harus kamu selesaikan dalam tes ini.

Setiap tahunnya, diperkirakan ada 110.000 orang mengikuti GMAT. Dan setidaknya 1.500 calon mahasiswa bisnis dan manajemen menggunakan hasil tes GMAT sebagai bagian dari proses aplikasi mereka. Skor GMAT berlaku selama lima tahun.

Ujian Penilaian Pascasarjana (GRE)

GRE adalah tes komputerisasi yang dibutuhkan jika ingin kuliah pascasarjana semua program studi di Amerika (kecuali hukum, bisnis dan kedokteran). Tes meliputi soal verbal, kuantitatif dan keterampilan menulis analitis, serta penelitian yang menunjukkan skor GRE. Selain itu, jika ingin mendaftar di sekolah pascasarjana, kamu juga harus menyertakan IPK saat kuliah strata satu.

Diperkirakan, 500 ribu orang mengikuti GRE setiap tahun. Banyak program pascasarjana yang berbasis paket bantuan keuangan, termasuk beasiswa dan bantuan mengajar, menggunakan nilai GRE. Skor GRE kamu akan berlaku selama lima tahun.

Tes Masuk Sekolah Pascasarjana Hukum (LSAT)

LSAT adalah tes selama 3,5 jam yang menggunakan kertas dan pensil. Umumnya, sekolah pascasarjana hukum di Amerika, menggunakan tes ini sebagai persyaratan masuk.

Tes ini terdiri dari 125 pilihan ganda ditambah tes tulisan. LSAT dirancang untuk menguji kemampuan analisa tulisan, manajemen data dan keterampilan berpikir analitis yang dibutuhkan untuk menjalani tahun pertama di sekolah hukum.

Dari semua tes masuk, saat proses penerimaan, LSAT merupakan yang paling dipertimbangkan oleh perguruan tinggi. Jika LSAT diajukan dalam proses aplikasi ke sekolah pascasarjana yang kompetitif, nilainya bisa mencapai 50. Diperkirakan, 110.000 orang mengikuti tes LSAT setiap tahunnya. SKOR LSAT berlaku selama lima tahun.

(rfa)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini