Share

Usung Kalimilk, Fauzan Raih Rp50 Juta

Rifa Nadia Nurfuadah, Okezone · Sabtu 28 Januari 2012 16:11 WIB
https: img.okezone.com content 2012 01 28 373 565161 pHSgmef96X.jpg Fauzan Rachmansyah menjuarai Wirausaha Muda Mandiri 2011 dengan usaha Kalimilk (Foto: UII)

JAKARTA - Fauzan Rachmansyah melirik potensi Kaliurang, Yogyakarta, sebagai penghasil susu untuk ide bisnisnya. Ternyata, ide itu sukses mendapuknya sebagai juara dalam kompetisi bisnis helatan sebuah bank nasional. 

Fauzan menyabet gelar Juara I Tingkat Nasional pada acara Wirausaha Muda Mandiri (WMM) 2011 melalui brand Kalimilk-PT Farbis Indonesia. Asyiknya, sebagai juara pertama, Fauzan pun berhak atas hadiah uang Rp50 juta.

Baca Juga: Dukung Pengawasan Sumber Daya Kelautan dan Perikanan, Kabupaten Morowali Hibahkan Tanah ke KKP

Pada kompetisi bisnis tahunan bank BUMN tersebut Fauzan bertarung pada kategori mahasiswa program diploma dan sarjana bidang usaha boga.

Kalimilk sendiri merupakan usaha pengolahan susu dengan sentra produksinya adalah peternakan sapi di daerah Kaliurang, Yogyakarta. Lokasi peternakan itulah yang membuat mahasiswa Fakultas Hukum Universitas Islam Indonesia (UII) ini menamai produknya dengan 'Kaliurang Milk' atau Kalimilk.

Keikutsertaan Fauzan dalam kompetisi bisnis nasional ini tidaklah instan. Selama tiga bulan dia harus melalui berbagai tahapan seleksi yang melibatkan 3.751 peserta dari 385 perguruan tinggi di seluruh Indonesia. Proses tersebut menyisakan 69 finalis dengan komposisi 37 peserta mahasiswa serta 32 peserta alumni dan pascasarjana.

Selain Fauzan, Pulung Agung Dinugraha dari Fakultas Ekonomi ikut mewakili UII sebagai finalis. Dia mengususng usaha Fadeout DJ School.

Rektor UII Edy Suandi Hamid menyampaikan, prestasi civitas academica UII di bidang wirausaha menunjukkan komitmen kampus untuk tidak saja menyiapkan alumni siap kerja, tetapi juga siap menciptakan lapangan kerja.

Menurut rektor, hal itu didukung dengan hasil tracer studi UII tahun 2010. Survei itu menunjukkan, secara keseluruhan delapan persen alumni UII menjadi wirausaha.

"Jika dilihat dari sisi program studi (prodi), maka jumlahnya akan makin besar pada sejumlah prodi. Prodi teknik lingkungan misalnya, 28,6 persen alumninya menjadi wirausaha, diikuti prodi statistika yakni 25 persen, dan manajemen 18,2 persen," ujar Edy seperti dikutip dari situs UII, Sabtu (28/1/2012).

WMM adalah program tahunan Bank Mandiri untuk meningkatkan jumlah wirausaha di Indonesia. Tidak hanya itu, program ini juga bertujuan membantu percepatan pertumbuhan ekonomi, penciptaan lapangan kerja, serta mengurangi pengangguran dan kemiskinan.

(rfa)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini