Sebulan, 8 Orang Tewas Tertimpa Pohon Tumbang

Nurul Arifin, Okezone · Senin 30 Januari 2012 16:06 WIB
https: img.okezone.com content 2012 01 30 340 566127 W6lYQDDuJo.jpg Ilustrasi pohon tumbang (Foto: Koran SI)

SURABAYA - Delapan orang tewas akibat tertimpa pohon tumbang di Jawa Timur dalam sebulan terakhir. Jumlah tersebut berdasarkan data Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Jatim sejak awal Januari 2012.

”Data sementara korban tewas tertimpa pohon tumbang terdiri dari Kabupaten Malang sebanyak dua orang, Kediri dua orang, Blitar dua orang, Pasuruan satu orang, dan Lumajang satu orang,” beber Kepala BPBD Jatim Sudharmawan di kantornya, Jalan Ahmad Yani, Surabaya, Senin (30/1/2012).

Dia menjelaskan, dalam sebulan terakhir setidaknya ada 10 kabupaten/kota di Jawa Timur yang melaporkan kerugian material akibat terjangan puting beliung, yakni Situbondo, Kediri, Blitar, Malang, Ngawi, Pasuruan, Magetan, Bangkalan, Trenggalek, dan Lumajang.

Empat kabupaten/kota dengan kerugian terparah adalah Situbondo, Bangkalan, Kediri, dan Malang. Rata-rata setiap kabupaten menderita kerugian Rp1,5 miliar dihitung dari kerusakan rumah, fasilitas umum, dan kendaaan bermotor yang rusak.

Sementara daerah lain yang melaporkan dampak kerusakan akibat puting beliung adalah Trenggalek, Jember, Lumajang, Batu (Malang), Nganjuk, dan Blitar.

Sudharmawan meminta kepada pihak kelurahan dan kecamatan di Jatim untuk mensosialiasikan dampak angin kencang. Tujuannya agar masyarakat tidak panik menghadapi bencana. BPBD mengimbau warga tidak berteduh di bawah pohon besar atau reklame.

Menurut Badan Meteorologi Klimatologi Geofisika (BMKG) Tanjung Perak, Surabaya, kecepatan angin maksimum 50 kilometer per jam mampu memporak-porandakan rumah dan membuat pohon tumbang.

(ton)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini