Share

Siswa Sudah Bisa Daftar ke USU

Senin 30 Januari 2012 09:36 WIB
https: img.okezone.com content 2012 01 30 373 565736 K4oRHeAFik.jpg Ilustrasi: ist.

MEDAN – Bagi siswa yang memiliki prestasi akademik di sekolah dan ingin masuk Universitas Sumatera Utara (USU), sudah bisa mendaftar mulai 1 Februari mendatang.

Namun, pendaftaran harus melalui jalur undangan yang dilakukan secara online.

"Ya, secara resmi Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi (SNMPTN) melalui jalur online sudah dibuka 1 Februari," ucap Kepala Bagian Humas USU Bisru Hafi, kemarin.

Bisru menjelaskan, jalur undangan merupakan mekanisme seleksi nasional berdasarkan penjaringan prestasi akademik tanpa ujian tertulis dan keterampilan. Selain itu, jalur undangan tidak termasuk jalur penelusuran minat dan bakat.

Sekolah yang berhak mengikuti jalur undangan harus diundang oleh Panitia SNMPTN. Namun, tidak semua sekolah mendapat peluang khusus ini.

"Kuotanya 1.159 kursi untuk jalur undangan. Hanya yang berprestasi bisa mendapatkan peluang ini," jelasnya.

Siswa dengan akreditasi A jenis kelas akselerasi, dipastikan bisa mengikuti SNMPTN jalur undangan. Begitu juga dengan sekolah berstatus rintisan sekolah berstandar internasional (RSBI). Sementara untuk sekolah terakreditasi A dengan kelas regular diberi kuota 50 persen dari siswa terbaiknya untuk ikut mendaftar dan sekolah akreditasi B mendapat jatah 25 persen.

"Kalau untuk sekolah yang berakreditasi C hanya mendapat kuota 10 persen dari siswa terbaiknya," imbuhnya.

Bagi siswa yang dinyatakan lulus, masih akan mengikuti seleksi tes penjajakan bidang ilmu (TPBI). Tes ini untuk memastikan kemampuan siswa baik bidang akademik dan ilmu pengetahuan.

"Dari tes ini juga bisa terdeteksi apakah benar-benar siswa itu berprestasi atau ada upaya kecurangan dengan pencucian rapor siswa oleh guru agar bisa lolos jalur undangan," pungkasnya.

Sementara Pembantu Kepala Sekolah (PKS) III SMA Negeri 3 Medan Emir Harahap menyatakan, tahun 2011, tercatat 80 siswa berhasil masuk berbagai PTN di Indonesia melalui jalur undangan. Khusus ke USU sebanyak 25 orang.

Kepala SMA Negeri 1 Medan Rebbeka Girsang menyatakan, setiap tahun puluhan siswanya berhasil masuk PTN terbaik se-Indonesia. Namun, pilihan paling banyak di USU.Pihaknya memberikan kesempatan terbuka bagi siswa yang mengikuti jalur undangan. (suharmansyah/koran si)

(rfa)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini