Share

Jalur Undangan SNMPTN Dibuka Besok!

Selasa 31 Januari 2012 09:38 WIB
https: img.okezone.com content 2012 01 31 373 566477 85YKnElhLG.jpg Image: corbis.com

BANDUNG – Pendaftaran Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2012 melalui jalur undangan mulai dibuka pada 1 Februari, besok.

Calon peserta bisa melakukan pendaftaran secara online melalui laman http://undangan.snmptn.ac.id. Calon peserta mempunyai waktu cukup panjang untuk melakukan proses pendaftaran. Panitia SNMPTN menetapkan waktu pendaftaran hingga 8 Maret 2012. Selanjutnya pengumuman peserta yang lolos akan dilakukan pada 25 Mei 2012. Setiap pendaftar akan dikenakan biaya Rp175 ribu.

"Semua program studi (prodi)-nya sudah lengkap, peserta sudah bisa melakukan pendaftaran pada 1 Februari," kata Ketua Umum Panitia Pelaksana SNMPTN 2012 Akhmaloka kemarin.

Pada seleksi jalur undangan tahun ini, kata dia, nilai atau kelulusan UN menjadi evaluasi akhir. Artinya, siswa yang nilai rapornya baik dan UN-nya lulus maka dia akan diterima di PTN yang dilamarnya.

Pada SNMPTN 2012 terdapat perbedaan dengan pelaksanaan tahun kemarin. Pada tahun lalu, untuk mendapatkan Bidik Misi, calon peserta terlebih dahulu mendaftar SNMPTN. Sementara tahun ini Bidik Misi dan SNMPTN terintegrasi. Kuota yang disediakan untuk Bidik Misi yaitu 30.000 untuk seluruh Indonesia yang tersebar di 61 perguruan tinggi negeri.

Diakui oleh Akhmaloka, semua PTN sudah memberikan kuotanya dan kuota terbesar dimiliki oleh Universitas Brawijaya. Sementara itu, dari segi jumlah kuota mahasiswa yang akan diterima tahun ini terdapat kenaikan sebesar 10 persen. Karena ada universitas baru ataupun universitas lama yang membuka prodi baru.

Institut Teknologi Bandung (ITB) misalnya, tahun ini menambah kuota mahasiswanya sebanyak 100 orang. Hal ini dikarenakan adanya prodi baru yang dibuka ITB seperti rekayasa pertanian dan kehutanan. (masita ulfah/koran si)

(rfa)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini