Share

SNMPTN Undangan Hanya Bisa Pilih 2 Prodi

Rifa Nadia Nurfuadah, Okezone · Rabu 01 Februari 2012 09:58 WIB
https: img.okezone.com content 2012 02 01 373 567252 XkRSNEFrJU.jpg Image: corbis.com

JAKARTA - Ada yang berbeda pada pelaksanaan Jalur Undangan Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) tahun ini. Para pendaftar hanya bisa memilih dua program studi (prodi) pada tiap perguruan tinggi negeri (PTN).

Tahun lalu, pendaftar Jalur Undangan SNMPTN bisa memilih tiga prodi pada tiap PTN yang mereka minati. Urutan prodi yang dipilih merupakan prioritas pilihan calon mahasiswa.

Baca Juga: Tidak Hanya Berantas Pencurian Ikan, Ini Bukti Nyata Ketegasan KKP

Sekretaris SNMPTN 2012 Rochmat Wahab menjelaskan, perubahan ketentuan ini dilakukan mengingat banyaknya bangku kosong pada pelaksanaan SNMPTN Jalur Undangan tahun lalu. Menurut Rochmat, bangku kosong itu timbul, karena sebagian pendaftar SNMPTN Jalur Undangan yang diterima di pilihan ketiga tidak melakukan registrasi di kampus tujuan.

"Sayang kan kalau sampai banyak bangku kosong karena mahasiswa yang lolos tidak melakukan registrasi? Makanya panitia memutuskan hanya menyediakan kuota dua prodi yang bisa dipilih pendaftar Jalur Undangan. Ini untuk menekan jumlah bangku kosong yang mungkin muncul," kata Rochmat ketika dihubungi okezone, Rabu (1/2/2012).

Ribuan kursi kosong dari Jalur Undangan itu, ujar Rochmat, akhirnya dialihkan ke Jalur Ujian Tulis SNMPTN. Rektor Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) ini menegaskan, calon pendaftar SNMPTN Jalur Undangan sebaiknya benar-benar meminati pilihannya, bukan sekadar coba-coba.

Pasalnya, jika seorang siswa hanya coba-coba kemudian dia diterima tetapi tidak melakukan registrasi, itu berarti dia telah menutup kesempatan bagi mereka yang benar-benar serius mendaftar.

"Jangan sampai karena coba-coba mendaftar tadi, kita malah merugikan siswa lain yang serius mengikuti seleksi," tutur Rochmat tegas.

Pendaftaran Jalur Undangan SNMPTN 2012 dibuka mulai hari ini hingga 8 Maret mendatang. Pendaftaran dilakukan secara online melalui laman resmi Jalur Undangan SNMPTN http://undangan.snmptn.ac.id.

(rfa)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini