Marty: Kerja Sama RI & Kanada Meningkat 65 Persen

Aulia Akbar, Okezone · Kamis 02 Februari 2012 07:36 WIB
https: img.okezone.com content 2012 02 02 411 567939 pkHdFFnor2.jpg Menlu Marty Natalegawa (Foto: Fajar Nugraha/Okezone)

JAKARTA - Menteri Luar Negeri Indonesia Marty Natalegawa mengatakan, hubungan bilateral Indonesia dan Kanada terlihat cukup meningkat dengan baik. Pertumbuhan kerja sama multilateral bahkan meningkat hingga 65 persen.

Pada perayaan 60 tahun hubungan diplomatik Indonesia dan Kanada, Duta Besar Kanada untuk Indonesia Mackenzie Clugston beserta Menlu Marty Natalegawa menyoroti perkembangan hubungan bilateral yang terjalin sejak dulu.

Marty pun mengatakan, umumnya pertumbuhan kerja sama multilateral hanya mencapai delapan persen namun, hingga saat ini sudah mencapai 65 persen. 

"Insyaallah, hubungan bilateral Indonesia dan Kanada akan semakin kuat," ujar Marty, di kediaman Dubes Clugston,  Rabu (1/2/2012).

Dubes Clugston pun menjelaskan beberapa perkembangan yang cukup pesat dalam hubungan dagang Indonesia dan Kanada yang sangat meningkat itu.

"Kami menyaksikan adanya peningkatan di bidang kerja sama penerbangan antara Indonesia dan Kanada. Garuda Indonesia baru saja membeli flight simulator dari Kanada, dan Indonesia juga menjadi pasar dari Blackberry. Selain itu, perusahaan asuransi seperti Manulife juga gencar beroperasi di Indonesia diikuti pula dengan meningkatnya ekspor dari Indonesia seperti karet dan lainnya," ujar Dubes Clugston.

Hingga saat ini, nilai total perdagangan antara Indonesia dan Kanada sudah mencapai Rp25,625 triliun pada 11 bulan pertama di 2011. Melalui Canadian International Development Agency (CIDA), Kanada juga menjadi mitra pembangunan bagi Indonesia sejak 1954.

(faj)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini