Sulit Tinggal di Kanada Tanpa Sponsor

Aulia Akbar, Okezone · Kamis 02 Februari 2012 08:12 WIB
https: img.okezone.com content 2012 02 02 411 567948 cJ4pThLDx6.jpg Foto: The Globe and Mail

JAKARTA - Duta Besar (Dubes) Kanada untuk Indonesia Mackenzie Clugston mengatakan, setiap orang tentunya harus memiliki alasan yang kuat untuk menjadi permanent resident di Kanada.

"Apa yang terjadi saat ini, banyak orang asing yang ingin tinggal di Kanada dengan alasan untuk mencari pekerjaan, dan sulit bagi seseorang untuk tinggal di Kanada tanpa dukungan (sponsor) atau alasan yang kuat," ujar Dubes Clugston di kediamannya, Rabu (1/2/2012).

"Bila kalian semua memiliki dana yang cukup besar, kalian bisa menjadi seorang pengusaha di Kanada. Kebanyakan warga negara asing di Kanada tinggal dengan visa selama enam hingga delapan bulan," imbuhnya.

Dubes Clugston juga mengatakan, bahwa masyarakat Asia yang umumnya menjadi imigran di Kanada adalah warga negara Filipina. 

Seorang yang menjadi permanent resident di Kanada tentunya akan memiliki hak untuk tinggal di negara tersebut, begitu pula hak untuk bekerja tanpa ada batasan waktu. 

Mereka juga memiliki kewarganegaraan yang sama dengan warga Kanada lainnya meski dirinya tidak menjadi warga negara Kanada. 

Menurut situs imigrasi Kanada, beberapa hal yang tidak akan didapatkan oleh seorang permanent resident di Kanada adalah hak untuk berpolitik dan ikut dalam pemilihan umum. 

Setidaknya, seorang permanent resident di Kanada harus tinggal selama dua tahun terlebih dulu di negara tersebut. 

(faj)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini