400 Bus Jurusan Surabaya Mogok, Penumpang Telantar

Alham M Ubey, Sindo TV · Senin 06 Februari 2012 09:15 WIB
https: img.okezone.com content 2012 02 06 340 570035

SURABAYA - Sekira 400 bus dari berbagai perusahaan otobus (PO) jurusan Bojonegoro-Surabaya, Jawa Timur, hari ini mogok total. Akibatnya ribuan calon penumpang telantar di Terminal Rajaweksi Bojonegoro.

Kegiatan terminal di pagi hari yang biasanya sangat sibuk, nampak lengang dan lumpuh.

Calon penumpang yang hendak ke Surabaya banyak yang membatalkan perjalanan, namun sebagian terpaksa menggunakan angkutan umum jurusan Babad, kemudian mengganti dengan bus jurusan Semarang-Surabaya.

Penumpang juga bisa turun di Bunder, Gresik, kemudian menggunakan angkutan kota jurusan Surabaya.

Sementara itu para penumpang yang tetap melanjutkan perjalan rata-rata merupakan pegawai negeri sipil (PNS), TNI, dan karyawan swasta yang bekerja di Surabaya.

“Mau ke Surabaya tapi tidak ada satu pun bus, terpaksa cari angkutan umum lain,” ujar Rudy, salah seorang penumpang, Senin (6/2/2012).

Armada bus yang mogok antara lain PO Dali Mas, Rajawali, Dali Prima, dan Margojoyo. Hanya bus-bus kecil jurusan Tuban, Nganjuk, dan Ngawi yang beroperasi.

Awak bus  mogok karena pendapatan mereka semakin merosot karena minim penumpang. Mereka menengarai kemerosotan pendapatan akibat dari tidak dihidupkannya Terminal Osowwilangun, Surabaya.

Bus dari arah Pantura, tidak semua berakhir di Terminal Osowwilangun. Hanya bus antarkota dalam provinsi (AKDP), seperti dari Bojonegoro dan Tuban, yang masuk ke Terminal Osowwilangun. Sedang bus-bus antarkota antarprovinsi (AKAP) seperti jurusan Semarang-Surabaya, mengakhiri perjalanan di Terminal Bungurasih.

Karena itu, mereka menuntut agar pemerintah mengubah trayek armada bus. Seluruh armada harus berakhir di Terminal Osowwilangun, baik AKDP maupun AKAP.

Dengan demikian, para penumpang dari Pantura akan mengakhiri perjalanan di Terminal Osowwilangun sehingga pendapatan awak bus tertolong.

(ton)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini