Image

"Macet di Jalan Pangeran Antasari Tak Ada Habisnya"

K. Yudha Wirakusuma, Jurnalis · Selasa, 7 Februari 2012 - 16:20 WIB
(foto: K Yudha Wirakusuma/ Okezone) (foto: K Yudha Wirakusuma/ Okezone)

JAKARTA - Waktu menunjukkan pukul 13.00 WIB, ditengah panas terik matahari sebuah mobil tiba-tiba saja berhenti di bahu jalan. Seorang pengendara yang turun dari mobil tersebut hanya menggaruk-garuk kepalanya sambil memesan secangkir kopi.

"Kopi satu pak," kata Iskandar, Selasa (7/2/2012).

Sambil membakar sebatang rokok yang berada di tangannya, Iskandar mengaku tengah beristirahat, lantaran lelah akibat kemacetan di Jalan Pangeran Antasari, Jakarta Selatan.

"Macetnya enggak ada habisnya, saya dari pagi ke Blok M itu macet terus mau pulang ke rumah bos macet lagi. Istirahat dulu disini," keluhnya mengawali pembicaraan.

Ia mengaku menghabiskan waktu sekira dua jam, dari rumah bosnya yang terletak di kawasan Pondok Labu untuk dapat sampai ke sekolah SMP Negeri 12 Jalan Wijaya, Jakarta Selatan, untuk mengantar anak bosnya itu bersekolah. "Setiap hari saya lewat jalan sini," sambungnya.

Belum lagi, kata dia, banyak pengendara yang tidak disiplin dalam berkendara. Hal itu menurutnya membuat kemacetan panjang pun tak terelakkan.

"Kalau sore, jam pulang kerja, itu macet parah disini," kata Iskandar.

Jalan Pangeran Antasari, Jakarta Selatan, memang telah terkenal. Bukan karena keindahan atau kerimbunannya, namun karena kemacetannya. Hal tersebut semakin di perparah dengan proyek pembangunan jalan layang.

"Pembangunan jalan layang, karena bahu jalan yang seharusnya bisa dipakai, sekarang tidak bisa lagi. Karena di pakai tiang beton, jadi tambah sempit jalanan," keluh dia.

Dia juga menambahkan, jika suasana di sepanjang jalan Pangeran Antasari, Jakarta Selatan kini memang telah banyak berubah. Saat ini kondisinya gersang dan penuh dengan debu.

Pantauan okezone, siang ini terjadi kemacetan di sejumlah titik di sepanjang Jalan Pangeran Antasari. Kemacetan terjadi di sekitar lampu merah Prapanca. Antrean kendaraan terjadi sekira tiga kilometer.

Saat ini sepanjang jalan Pangeran Antasari, telah terpasang tiang-tiang beton. Dari beberapa bagian tiang tersebut, kini telah tersambung antara sisi kiri dan kanan, sehingga menyerupai lorong.

Salah satu pekerja juga tak tampak tengah mengerjakan pembangunan jalan layang. Lantaran pengerjaan jalan di mulai pada pukul 22.00 WIB hingga pukul 05.00 WIB.

"Kita kerjanya malam mas, sampai subuh," singkat salah seorang pekerja yang enggan disebutkan namanya.

Seperti yang diketahui sejak 22 November 2010 lalu, Dinas Pekerjaan Umum (PU) DKI Jakarta telah memulai pembangunan fisik jalan layang Pangeran Antasari-Blok M. Proyek ini pun kerap berakibat pada kemacetan parah terutama pada jam pulang kantor.

(put)

  • TAG :

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini

Live Streaming