nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Ditegur BK DPR, Ruhut: Enggak Masalah!

Ferdinan, Jurnalis · Rabu 08 Februari 2012 11:31 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2012 02 08 339 571681 wIe7IKrqxg.jpg Ruhut Sitompul (Foto: okezone)

JAKARTA - Badan Kehormatan (BK) DPR memberikan sanksi teguran tertulis kepada anggota Komisi Hukum DPR Ruhut Sitompul. Ruhut dianggap menelantarkan istri pertama Anna Rudhiantiana Legawati.

Ruhut mengakui pernah diminta keterangan oleh BK DPR terkait aduan istri pertamanya Anna. Anna mengadukan Ruhut atas dugaan pemalsuan surat dokumen pernikahan untuk menikah lagi dengan Diana Leovita.

"Aku pernah dipanggil, sudah aku jelasin dan mereka memahami kok. Untuk apa juga mereka ikut campur urusan rumah tangga orang lain. Mereka sudah tua ngasih masukan ya aku ketawa saja," kata Ruhut saat dihubungi wartawan, Rabu (8/2/2012).

Ruhut pun mengaku tidak mempersoalkan teguran dari BK DPR. "Kalau namanya teguran ya enggak masalah. Kalau dipecat apa di-recall baru masalah, tapi enggak bakal ke sana, ngapain juga partai urusi rumah tangga orang diurusi," pungkasnya.

Wakil Ketua BK DPR Siswono Yudohusodo menjelaskan Ruhut mendapat teguran tertulis karena aduan istrinya Anna. "Sudah diputuskan tadi malam. Ada teguran keras tertulis kepada Ruhut agar segera memperbaiki hubungan rumah tangganya," ujarnya.

Seperti diketahui, Ruhut pernah dilaporkan Anna ke Bareskrim Mabes Polri dengan tuduhan pemalsuan dokumen saat Ruhut menikah lagi pada 2008 silam.

Anna mengaku tidak terima dituding kumpul kebo, seperti disebutkan Ruhut kepada salah satu tabloid. Dia menegaskan, dirinya bersama Ruhut sudah menikah secara resmi di Sidney, Australia pada 1998.

Pada 2008, kata Anna, Ruhut menikah lagi dengan Diana Leovita dan mengaku jejaka. Ruhut pun mengubah semua biodatanya di DPR. Dia mengaku punya dua anak dari Diana.

Pada 22 Juli 2011, Anna Christian Sitompul mengadu ke Badan Kehormatan (BK) DPR. Kubu Anna membawa alat bukti atas dugaan pelanggaran Ruhut yakni catatan sipil pernikahan Ruhut dan Anna, termasuk dokumentasi foto pernikahan adat.

(crl)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini