Share

Cerita Fasli Djalal tentang Kuliah di Luar Negeri

Margaret Puspitarini, Okezone · Selasa 14 Februari 2012 15:30 WIB
https: img.okezone.com content 2012 02 14 373 575514 nKBftpzwsL.jpg Mantan Wamendikbud Fasli Djalal (Foto: Rifa Nadia/okezone)

JAKARTA - Mendapat kesempatan untuk menempuh pendidikan internasional tentu merupakan pengalaman berharga. Berbagai pengalaman di tempat baru adalah hal mahal yang sayang untuk dilupakan begitu saja.

Mantan Wakil Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Wamendikbud) Fasli Djalal mengungkapkan, pendidikan internasional yang pernah dialaminya merupakan pengalaman yang sangat berharga karena memberikan banyak manfaat.

"Pendidikan internasional merupakan pengalaman luar biasa karena membuat kita melihat berbagai hal dari sudut pandang dan pola hidup yang tidak akan kita dapatkan jika tidak menempuh pendidikan di sekolah-sekolah internasional," kata Fasli selepas acara seminar "Why Should Indonesia Invest International Education?" di Hotel JW Marriot, Kuningan, Jakarta Selatan, Selasa (14/2/2012).

Fasli menyatakan, kekayaan belajar di luar negeri bukan hanya di kampus saja yang memang sudah multi etnik. Pergaulan dengan teman-teman sekelas, justru mendekatkan dirinya dengan berbagai negara.

"Selain kampus yang memang internasional, lingkungan sekitar juga terdiri dari masyarakat multikultur sehingga membuat saya merasa dekat dengan negara Polandia, Prancis, Afrika, Brazil, dan sebagainya," ujar alumnus Cornell University tersebut.

(rfa)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini