Sopir Angkot se-Surabaya Mogok

Nurul Arifin, Okezone · Rabu 15 Februari 2012 10:43 WIB
https: img.okezone.com content 2012 02 15 340 576003 GNjavXPiuf.jpg Ratusan angkot di Surabaya mogok (Foto: okezone/Nurul Arifin)

SURABAYA - Ratusan sopir angkutan kota (angkot) se-Kota Surabaya menggelar aksi unjuk rasa sejak pagi tadi. Mereka menuntut pencabutan Perda 07 Tahun 2006 tentang Pembatasan Usia Kendaraan Umum.

 

Perda tersebut dianggap memberatkan pelaku angkutan jalan raya kerana harus meremajakan angkutan.

Pantauan di lokasi, ratusan mobil angkot diparkir di Jalan Yos Sudarso, di depan Gedung DPRD Kota Surabaya, Jawa Timur, hingga berbaris menuju halaman Balai Kota Surabaya.

Sejumlah angkot dipasangi beberapa poster dan spanduk yang intinya mendesak Pemkot Surabaya untuk segera mencabut perda itu.

Banyaknya mobil angkot yang parkir di sepanjang jalan, membuat arus lalu lintas di kawasan itu macet. Sejumlah penguna jalan terpaksa dialihkan ke Jalan Ketabang Kali.

Menurut Suyitno, sopir Lyn U jurusan Rungkut-Joyoboyo, pemberlakukan Perda 07/2006 sangat merugikan. Pasalnya, beberapa kendaraan yang usianya di bawah 1992 tidak memiliki trayek. Otomatis, penghasilan sopir sangat minim.

"Dengan perda itu otomatis harus ada peremajaan angkutan, tentunya sangat keberatan bagi pemilik angkot. Imbasnya tentu kepada kami terkait setoran,” kata Suyitno kepada okezone di lokasi, Rabu (15/2/2012).

Parahnya selain izin trayek dicabut, Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK) milik angkot juga akan dicabut. Tentunya, dengan dicabutnya STNK ini membuat angkot tidak bisa beroperasi di jalan raya. Padahal, hampir 90 persen kendaaan angkot di Surabaya keluaran 1992 dan 1991.

“Kalau STNK dicabut kami tidak bisa beroprasi, lantas makan apa,” cetusnya.

Dia berharap, Pemkot Surabaya dan DPRD memperhatikan nasib para sopir. Dia bersama sopir angkot lainnya akan terus menggelar aksi serupa jika tuntutan tidak digubris.

Sementara sejumlah petugas dari Polrestabes Surabaya dan Dinas Perhubungan Kota Surabaya mengawal aksi tersebut. Aksi sopir angkot ini berlangsung tertib, arus lalu lintas Kota Pahlawan itu macet.

(ton)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini