Glodok

Amelia Fitriani, Okezone · Senin 27 Februari 2012 18:55 WIB
https: img.okezone.com content 2012 02 27 504 583507

Glodok merupakan nama tempat yang sekarang menjadi salah satu sentra bisnis terbesar di Jakarta. Dahulu, di daerah tersebut terdapat sebuah waduk penampungan air yang berasal dari aliran sungai Ciliwung.

Konon, istilah Glodok muncul dari pengucapan dialek etnis Cina yang bertempat tinggal di daerah tersebut. Disebut glodok karena pada saat itu aliran sungai dari waduk tersebut membentuk semacam air terjun, namun tidak mempunyai arus yang begitu besar, sehingga orang menyebutnya grojokan.

Grojokan merupakan bahasa Jawa yang berarti pancuran (kran). Istilah Grojok kemudian menjadi merakyat di daerah tersebut. Namun, karena dialek (dan kecenderungan bahwa orang dari etnis Cina kesulitan dalam pengucapan huruf 'R'), yang memang berbeda, maka orang-orang dari etnis Cina menyebutnya dengan Glodok.

Versi lain juga ada yang menyebutkan bahwa istilah Glodok muncul dari sebuah jembatan yang melintas di sungai besar Ciliwung. Di ujung jembatan tersebut terdapat sebuah tangga yang menempel di tepi sungai yang digunakan masyarakat sebagai tempat mandi dan mencuci. Dalam bahasa Sunda, tempat tersebut disebut Glodok.

Istilah Glodok sebenarnya juga ada di dalam kosa kata Jawa. Glodok berasal dari kata Gladak yang dalam bahasa Jawa berarti jembatan. Tapi belum ada tulisan yang mengatakan bahwa istilah Glodok murni berasal dari istilah yang dikeluarkan langsung oleh orang-orang Jawa, meskipun kata Glodok juga terdapat dalam kosa kata Jawa.

Bagaimanapun cikal bakal istilah tersebut, namun dari semua versi terdapat kesamaan. Versi-versi tersebut saling berhubungan dengan jembatan, sumgai, seta aktifitas masyarakat yang sering memanfaatkan aliran sungai, yang pada ujungnya mengarahkan pernyataan bahwa istilah Glodok muncul karena adanya sungai dan jembatan di daerah yang sekarang menjadi kelurahan yang terdapat di Kecamatan Tamansari, Kotamadya Jakarta Barat.

(ahm)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini