Keluarga Korban Salah Tembak Akan Didampingi LBH Sakti

Hartoyo, Sindo TV · Rabu 29 Februari 2012 09:59 WIB
https: img.okezone.com content 2012 02 29 340 584415 heLCh4wnsW.jpg Ilustrasi (thebeardedmen.blogspot.com)

PURWOREJO - Lembaga Bantuan Hukum (LBH) Sakti Kabupaten Purworejo, Jawa Tengah, siap mendampingi keluarga salah tembak aparat di Desa Jerakah, Kecamatan Bayan, untuk menuntut keadilan.

 

Pihak LBH Sakti mengaku, sudah menyiapkan sedikitnya tiga pengacara yang akan mendampingi keluarga korban secara cuma-cuma. Advokasi itu diberikan mulai dari proses pelaporan resmi sekaligus mengawal proses hukum Briptu RW, anggota Polsek Bayan yang kini diperiksa Provost Polres Purworejo.

Direktur LBH Sakti, Dewa Antara, mengatakan pihaknya memberikan bantuan karena keluarga korban sangat memerlukan advokasi.

Dewa mengatakan keluarga korban merupakan masyarakat kecil sehingga pihaknya memastikan hak-hak hukum mereka tidak dikesampingkan.

Kasus yang terjadi di Jerakah, lanjut dia, merupakan bukti kecerobohan petugas saat menjalankan tugas. Dia menilai penembakan terhadap korban SH (35), seorang buruh tani, bertentangan dengan paradigma polisi sebagai pengayom dan pelindung masyarakat.

”Komitmen Pak Kapolres bahwa yang salah akan dihukum perlu diapresiasi sebagai bentuk kesigapan pimpinan, tapi bagaimanapun proses hukum tetap harus dikawal dan diawasi agar berjalan sebagaimana mestinya. Petugas Kepolisian semestinya mengedepankan pendekatan-pendekatan persuasif dalam menangani perkara. Kasus Jerakah ini telah mencoreng proses reformasi Polri,” jelas Dewa , Rabu (29/2/2012).

LBH Sakti juga mendesak Kapolres Purworejo mendorong proses hukum kasus ini dan tidak hanya sampai pada pelaku penembakan saja, namun atasan Briptu RW juga harus dimintai pertanggungjawaban.

Seperti diketahui SH ditembak Briptu RW pada Minggu 26 Februari malam di rumahnya. Polisi sebenarnya mencari kakak korban, Sl, DPO kasus pencurian berat. Entah mengapa SH justru yang menjadi korban. Dia ditembak di leher tembus ke belakang hingga terkapar di teras rumahnya.

(ton)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini