UPH Jadi Tuan Rumah Kompetisi Hukum Internasional

Margaret Puspitarini, Okezone · Sabtu 03 Maret 2012 18:03 WIB
https: img.okezone.com content 2012 03 02 373 586316 zIMgN1wI7G.jpg Ilustrasi : ist.

JAKARTA - Universitas Pelita Harapan (UPH) menjadi tuan rumah the Asia Pacific Regional Round of the ELSA Moot Court Competition on World Trade Organization (WTO) Law yang diadakan the European Law Student’s Association. Kegiatan yang dihelat hingga Selasa 6 Maret 2012, diikuti oleh sejumlah mahasiswa hukum dari mancanegara.

Kegiatan ini merupakan kompetisi peradilan semu yang mensimulasi masalah hukum perdagangan. Berbagai negara yang turut berpartisipasi dalam kompetisi ini di antaranya, India, China, Selandia Baru, Vietnam, dan panelis yang merupakan pakar di bidang hukum WTO.

Pengawas akademik EMC2 Asia-Pacific Letizia Raschella-Sergi berharap, kompetisi ini akan memberikan kesempatan kepada para peserta untuk mengenal dan memperluas relasi dengan mahasiswa hukum dari Asia Pacific. Selain itu, mahasiswa juga mendapat kesempatan untuk berdiskusi dengan para pakar WTO.

”Juara 1 dan juara 2 akan dikirim ke babak final yang diselenggarakan pada 2012 di Montpellier, Prancis,” kata Letizia seperti dikutip dari siaran pers yang diterima okezone, Sabtu (3/3/2012).

ELSA merupakan asosiasi independen mahasiswa hukum terbesar di dunia yang didirkan pada 1981. Kini ELSA telah merepresentasikan lebih dari 300 fakultas hukum di 42 negara. Kompetisi EMC2 pertama kali diadakan pada April 2003 di Geneva. Sejak itu, EMC2  terus diadakan setiap tahun.

Tahun ini, Indonesia mendapat kehormatan untuk menjadi tuan rumah kompetisi internasional ini. Selain kompetisi, ELSA juga menyelenggarakan konferensi akademik yang membahas perdagangan dan ekonomi pada Senin 5 Maret 2012 di UPH dengan pembicara dan panelis dari seluruh dunia.(mrg)

(rhs)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini