Share

Bahas Inovasi Berkelanjutan, UMY Undang 10 Negara

Prabowo, Okezone · Sabtu 17 Maret 2012 17:30 WIB
https: img.okezone.com content 2012 03 17 373 595123 wXRhlgpkWz.jpg Ilustrasi : ist.

YOGYAKARTA - Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) akan menyelenggarakan seminar internasional inovasi berkelanjutan. Kegiatan ini akan berlangsung selama tiga hari, mulai Senin 19 Maret 2012.

Pemilihan inovasi berkelanjutan sebagai tema seminar bukan tanpa alasan. Inovasi berkelanjutan dinilai sebagai kunci utama bagi negara-negara Asia terutama Asia Tenggara sebagai kekuatan ekonomi baru dunia.

Sedikitnya, terdapat 10 negara tetangga yang akan menghadiri seminar internasional tersebut. Kesepuluh negara itu berasal dari Amerika Serikat, India, Belanda, Swiss, Jepang, China, Kamerun, Thailand, Filipina, dan Malaysia. Tentunya, mahasiswa UMY dan beberapa perguruan tinggi di Indonesia turut berpartisipasi dalam seminar bertaraf internasional tersebut.

"Kami menyelenggarakan International Conference On Sustainable Innovation and International Join Seminar (ICoSI-IJS) 2012 ini dengan mengangkat tema Sustainable Innovation for Enhancing Global Competitiveness in Asia Countries di kampus terpadu UMY," kata Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan UMY Sri Atmaja P Rosyidi, saat jumpa pers, Sabtu (17/3/2012).

 

Atmaja menambahkan, adanya seminar ini juga sebagai peringatan hari ulang tahun (milad) UMY ke-31 yang jatuh pada bulan ini. Dia berharap, kegiatan ini dapat menjalin hubungan kerja sama yang baik antar universitas baik di dalam maupun luar negeri.

 

"Adanya seminar ini diharapkan memunculkan ide-ide baru mengenai sebuah inovasi yang berkelanjutan. Selain itu, dapat diaplikasikan dalam persaingan global. Tidak kalah penting, ajang ini dapat menjalin kerja sama penelitian yang baik," ujarnya.

 

Pemilihan 10 negara tetangga tersebut, kata Atmaja, karena negara-negara tersebut memiliki kajian yang sama mengenai Sustainable Innovation berkelanjutan. Selain itu, kegiatan ini didukung Asosiasi Perguruan Tinggi di Asia Pasifik atau Association of University of Asia and the Pacific (AUIP).(mrg)

(rhs)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini