Share

Presiden Serbia Mundur dari Jabatan

Aulia Akbar, Okezone · Rabu 04 April 2012 17:01 WIB
https: img.okezone.com content 2012 04 04 414 605699 k2uY9kMe2X.jpg Foto : Boris Tadic (cumhuriyet)

BEOGRAD - Presiden Serbia Boris Tadic memutuskan untuk mundur dari jabatannya, meski dirinya masih memiliki 10 bulan lagi untuk meneruskan kepemimpinannya.

Tadic mengumumkan pengunduran dirinya di depan Parlemen Serbia. Bersamaan dengan itu, Parlemen Serbia akan menggelar voting untuk pemilihan presiden baru pada 6 Mei, bersamaan dengan pemilihan umum yang sudah dijadwalkan.

Beberapa pengamat menilai, Partai Demokrat Serbia sudah mulai menyuarakan dukungannya ke Tadic untuk meraih dukungan dalam pemilu Parlemen Serbia. Tadic sendiri sudah menjabat sebagai Presiden Serbia sejak 2004 silam. Demikian seperti diberitakan Al Jazeera, Rabu (4/4/2012).

Sejak 2008, Tadic membawa Serbia mendapatkan status kandidat dalam keanggotaan Uni Eropa. Di bawah kepemimpinan Tadic, Serbia juga berhasil menangkap dan mendeportasi para penjahat perang di era perang Bosnia.

Meski demikian, Tadic merupakan sosok yang kurang populer dikalangan warga nasionalis Serbia. Banyak yang menganggap Tadic bertanggung jawab atas pemisahan diri Kosovo dari wilayah Serbia. Tadic juga selalu mendapatkan tantangan dari pimpinan partai nasionalis Serbia, Partai Radikal, Tomislav Nikolic.

Ketua Parlemen Serbia Dukic Dejanovic mengatakan, dirinya akan mengambil alih kursi Presiden Serbia untuk memegang kendali pemerintahan pascamundurnya Tadic.

(AUL)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini