Share

UMY Lombakan Roket Air Tingkat SMA

Prabowo, Okezone · Senin 09 April 2012 11:26 WIB
https: img.okezone.com content 2012 04 09 373 607854 G5CvJEB8wO.jpg Image: corbis.com

YOGYAKARTA - Jurusan Teknik Mesin Fakultas Teknik Universitas Muhammadiyah Yogyakarta menyelenggarakan Lomba Roket Air untuk pelajar tingkat SMA sederajat di Kampus Terpadu UMY.

Sebanyak 25 peserta SMA se-DIY dan Jawa Tengah hadir memperebutkan piala bergilir dari Rektor UMY. Lomba terbagi dalam dua kategori, yakni jarak terjauh dan paling tepat sasaran, serta kategori tim terkompak dan terkreatif.

Baca Juga: Dukung Pengawasan Sumber Daya Kelautan dan Perikanan, Kabupaten Morowali Hibahkan Tanah ke KKP

"Untuk kategori terjauh juara I diraih MAN 3 Yogyakarta, juara II dari SMKN 3 Yogyakarta, dan juara III dari SMA Muhammadiyah 1 Gombong," kata Ketua Himpunan Mahasiswa Teknik Mesin UMY, Joko Triyono selaku ketua panitia, akhir pekan lalu.

Joko melanjutkan, untuk kategori tepat sasaran juara I diraih SMA Angkasa, juara II SMA Muhammadiyah 1 Gombong, dan juara III MAN 3 Yogyakarta. Predikat juara umum diraih oleh MAN 3 Yogyakarta sekaligus membawa pulang piala bergilir Rektor UMY. Sedangkan kategori peserta terkompak dan atraktif diraih oleh SMA Muhammadiyah 3 Yogyakarta.

Masing-masing pemenang, mendapatkan uang pembinaan. Juara I Rp500 ribu, juara II Rp400 ribu, juara III Rp300 ribu, serta kategori terkompak Rp200 ribu. Selain uang pembinaan, para pemenang mendapatkan tropi dan sertifikat dari UMY.

Joko menyampaikan, roket air merupakan bagian dari jurusan teknik mesin yang menerapkan ilmu-ilmu fisika serta matematika. Konsep roket air mengharuskan kita mempelajari konsep tekanan serta besaran sudut. Supaya roket air tersebut dapat meluncur jauh maka tekanan udaranya harus diperhatikan.

Selain itu besaran sudut yang digunakan juga akan berpengaruh terhadap jarak yang ditempuh. Dalam hal ini besaran sudut yang baik ketika roket akan diluncurkan adalah 45 derajat dengan bentuk roket dari botol berukuran 1,5 liter dan berisi cairan berupa air.

Dekan Fakultas Teknik UMY Sudarisman mengungkapkan lomba roket air ini merupakan rangkaian dari UMY Festival 2012 dan untuk menyemarakkan Milad ke-31 UMY. Kegiatan ini diselenggarakan selain untuk menerapkan ilmu-ilmu fisika yang telah dipelajari sebelumnya di sekolah, juga bertujuan untuk memacu kreativitas dan inovasi para pelajar setingkat SMA sederajat.

Sudarisman berharap, dengan kegiatan ini kemampuan para pelajar akan terus terasah dengan baik dalam bidangnya. "Semoga kegiatan ini dapat memberikan pengalaman pada mereka untuk terus mengasah kemampuan yang mereka miliki. Selain itu, diharapkan agar meningkatkan eksistensi UMY khususnya Jurusan Teknik Mesin UMY di kalangan pelajar," pungkasnya.

(rfa)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini