Share

RUU Dikdok Juga Ditunda

Margaret Puspitarini, Okezone · Rabu 11 April 2012 08:37 WIB
https: img.okezone.com content 2012 04 11 373 609239 rDcIjKNBdE.jpg Image: corbis.com

JAKARTA - Senasib dengan Rancangan Undang-Undang Pendidikan Tinggi (RUU PT), Rancangan Undang-Undang Pendidikan Kedokteran (RUU Dikdok) terpaksa mengalami penundaan.

Hal ini disampaikan salah satu anggota Komisi X DPR Reni Marlinawati. Dia menyebutkan, dalam rapat kerja (raker) tadi malam, pemerintah yang diwakili oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Muhammad Nuh mengajukan permohonan penundaan pengesahan RUU Dikdok.

Baca Juga: Dukung Pengawasan Sumber Daya Kelautan dan Perikanan, Kabupaten Morowali Hibahkan Tanah ke KKP

"Sama seperti RUU PT, RUU Dikdok juga ditunda. Satu paket," kata Reni ketika dihubungi okezone, Rabu (11/4/2012).

Reni mengungkapkan, alasan pemerintah mengajukan penundaan adalah Presiden belum mengetahui RUU Dikdok tersebut. "Alasannya, menteri belum melaporkan RUU Dikdok kepada presiden. Maka, kami setuju memberikan waktu penundaan hingga awal masa sidang berikutnya," ujar Reni menjelaskan.

Meski menyetujui penundaan yang diminta oleh Mendikbud, Reni menegaskan anggota dewan pun memberikan syarat-syarat yang harus dipenuhi oleh pemerintah. "Syarat yang kami berikan kepada pemerintah sama dengan syarat yang diajukan untuk penundaan RUU PT," tuturnya.

Politisi Fraksi PPP ini mengaku sangat menyesalkan penundaan yang diajukan pemerintah. Menurut Reni, penundaan ini menjatuhkan citra kedua belah pihak baik pemerintah maupun Komisi X DPR RI.

"Penundaan ini merusak citra Komisi X yang produktif dalam menghasilkan UU. Harusnya kami sudah menghasilkan dua undang-undang baru tapi terpaksa harus ditunda lagi," katanya.

Reni menuturkan, dua kali penundaan waktu yang diajukan pemerintah terhadap dua RUU menunjukkan ketidaksungguhan dan inskonsistensi pemerintah dalam menangani RUU tersebut. "Kami bahas siang malam pada Panja yang merupakan perwakilan pemerintah dan anggota dewan, ini malah ada penundaan. Jika ada usulan mengenai RUU harusnya disampaikan saat pembahasan bukan di akhir ketika akan disahkan," tuturnya.

(rfa)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini