Share

UN Itu Gratis

Fiddy Anggriawan , Okezone · Rabu 11 April 2012 09:14 WIB
https: img.okezone.com content 2012 04 11 373 609263 JGLL4FdUBF.jpg Ilustrasi: suasana ujian nasional. (Foto: Rifa Nadia/okezone)

JAKARTA - Kepala Dinas Pendidikan Provinsi DKI Jakarta Taufik Yudhi Mulyanto menegaskan, peserta ujian nasional (UN) sama sekali tidak dipungut biaya atau gratis. Semua biaya penyelenggaraan UN telah ditanggung oleh pemerintah pusat dan daerah.

"Biaya ujian menggunakan anggaran APBN dan APBD 2012 yang dibadi dalam unit cost ujian sekolah (US) dan UN. Besarannya beda-beda untuk tiap tingkat," ungkap Taufik kepada wartawan di Balai Kota, Jakarta, kemarin.

Baca Juga: Dukung Pengawasan Sumber Daya Kelautan dan Perikanan, Kabupaten Morowali Hibahkan Tanah ke KKP

Unit cost US dan UN per siswa SD/MI adalah Rp45 ribu yang diambil dari APBD. Untuk unit cost US dan UN per siswa SMP/MTs Rp28.500 ditanggung dari dana APBN dan Rp67 ribu ditanggung dari dana APBD.

Sedangkan untuk unit cost UN dan US SMA/MA serta SMK yang ditanggung oleh APBN Rp25 ribu per siswa. Sementara yang ditanggung dari APBD berbeda sedikit, untuk SMA Rp150 ribu dan SMK Rp154 ribu per siswa.

"Semua biaya gratis, sehingga seluruh pelajar tingkat akhir berhak mengikuti ujian. Uang tunggakan di sekolah pun tidak bisa dijadikan penghambat siswa mengikuti ujian karena biaya UN ditanggung pemerintah," tandasnya.

(rfa)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini