nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

GAYa Nusantara Setujui Pelegalan Pernikahan Sejenis

Nurul Arifin, Jurnalis · Kamis 12 April 2012 09:46 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2012 04 12 519 610102 313s04ao9t.jpg Ilustrasi pernikahan sejenis (Foto: Ist)
SURABAYA- Upaya untuk mendorong pelegalan perkawinan sejenis diakui oleh GAYa Nusantara. Upaya tersebut untuk jangka panjang karena saat ini dukungan terkait perkawinan sejenis masih belum kuat.

"Memang ada untuk arah ke situ (upaya melegalkan perkawinan sejenis-red), tapi untuk jangka panjang. Kalau saat ini belum," kata Ketua Dewan Pembina GAYa Nusantara, Dede Oetomo, kepada okezone, Kamis (12/4/2012). 

Dia juga mengatakan, beberapa dukungan untuk mengubah Undang-undang perkawinan juga masih belum kuat di tingkatan legeslatif. Tentunya, belum kuatnya dukungan itulah yang menjadi penyebab tidak saat ini.

"Kalau di DPR sudah ada 10 orang yang mendukung, baru kita bergerak," kata Dede.

Dede juga tidak menepis terkait upaya mencari dukungan di luar parlemen. Bahkan bersama sejumlah LSM lainnya telah mendekati ke sejumlah ulama dan pendeta untuk melegalkan perkawinan sejenis ini.

Alasannya, Indonesia adalah bangsa yang majemuk. Tentunya, dengan perkawinan semacam ini akan menjadi kemajemukan bangsa. Menurutnya, kaum gay, homo, dan lesbian adalah bagian dari kemajemukan bangsa.

"Beberapa ulama progresif dan pendeta-pendeta muda sudah kami lakukan pendekatan agar pro dengan kami. Yang jelas wacana itu untuk jangka panjang, bukan saat ini," kata Dede.

Seperti diberitakan sebelumnya, Menteri Agama Suryadharma Ali mengaku telah mencium gerakan ingin mengubah undang-undang perkawinan. Ketua Umum PPP ini menyebutkan gerakan tersebut muncul dari berbagai pihak yang setuju perkawinan sesama jenis.

"Ada keinginan untuk mengubah UU Perkawinan oleh LSM dan lembaga lain termasuk dari kaum gay, homo, dan lesbian," kata SDA  di acara Mukerwil II dan silaturahim ulama Jawa Barat di Hotel Panghegar, Jalan Merdeka, Bandung, beberapa waktu lalu.

(kem)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini