Mau Kuliah Lebih Cepat, Ikut Beasiswa Fast Track Saja

Margaret Puspitarini, Okezone · Kamis 26 April 2012 18:02 WIB
https: img.okezone.com content 2012 04 26 373 618926 8jc0fuELll.jpg Ilustrasi : Corbis

JAKARTA - Selain Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya, Universitas Diponegoro (Undip) Semarang juga memberikan program beasiswa fast track bagi mahasiswa Fakultas Hukum Undip.

Dekan Fakultas Hukum Undip Yos Johan Utama menuturkan, program Beasiswa Fast Track dari Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi (Dikti) adalah apresiasi bagi mahasiswa yang memiliki kualitas. Dia menyebutkan, Beasiswa Fast Track merupakan beasiswa study lanjut untuk Program Magister Ilmu Hukum bagi mahasiswa yang sedang menempuh S-1 Hukum.

"Lama perkuliahan Beasiswa S-2 ini selama dua tahun dan perkembangan prestasi akademik mahasiswa akan terus dipantau selama mengikuti program beasiswa ini," kata Yos Johan seperti dilansir dari laman Undip, Kamis (26/4/2012).

Yos Johan menyebutkan, terdapat empat persyaratan yang harus dipenuhi untuk mengikuti program beasiswa ini. Persyaratan tersebut meliputi nilai Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) minimal 3,5, kemudian memiliki nilai TOEFL 500, telah lulus program Kuliah Kerja Nyata (KKN), dan telah menulis skripsi.

“Pada 2011 ada sekira 27 mahasiswa yang berhasil mendapatkan beasiswa ini. Diharapakan dengan adanya beasiswa ini, mahasiswa akan lebih terpacu semangatnya untuk bisa secepat mungkin lulus dari program S-1 dan memanfaatkan peluang ini," ujarnya menambahkan.

Mahasiswa seperti ini, lanjutnya, yang akan menjadi mahasiswa dengan kualitas lebih dan memiliki nilai tambah diantara mahasiswa pada umumnya. “Mahasiswa yang mengambil beasiswa ini akan dapat menghemat usia produktifnya, sehingga mereka lebih memiliki banyak kesempatan untuk seefektif mungkin memanfaatkan usia produktifnya,” kata pakar hukum acara Undip tersebut.(mrg)

(rhs)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini