Share

Abdi Dalem Tidak Yakin Sinuhun H Terlibat Skandal Seks

Bramantyo, Okezone · Jum'at 27 April 2012 17:00 WIB
https: img.okezone.com content 2012 04 27 511 619851 mPvEv0MI7s.jpg Ilustrasi

SOLO - Skandal seks di bawah umur yang diduga melibatkan petinggi Keraton Surakarta, Sinuhun H, tidak memengaruhi kesetian abdi dalem di lingkungan keraton. Justru, para abdi dalem tidak memercayai raja mereka melakukan perbuatan asusila.

"Saya percaya junjungan saya jalannya lurus dan saya bangga dengan atasan saya," jelas salah satu abdi dalam keraton, Ahmad Yani kepada Okezone, di Solo, Jawa Tengah, Jumat (27/4/2012).

Baca Juga: Aksi Nyata 50 Tahun Hidupkan Inspirasi, Indomie Fasilitasi Perbaikan Sekolah untuk Negeri

Follow Berita Okezone di Google News

Yani menjelaskan, mencuatnya dugaan keterkaitan Sinuhun H dengan tersangaka kasus human trafficking, KR, membuat para abdi dalem resah. Keluarga keraton juga terus memantau perkembangan kasus tersebut.

“Sampai sekarang saya selalu menanyakan abdi dalam keraton yang bertugas di Kantor LBH Keraton tentang kasus ini," ujarnya jujur.

Meski demikian, pria yang mengaku sudah mengabdi di dalam lingkungan Keraton cukup lama ini tetap berpendapat ada pihak-pihak luar yang sengaja menghancurkan keraton. Cara-cara yang dilakukanpun sangat beragam, salah satunya dengan menyebar fitnah kepada rajanya.

“Saya yakin itu pasti orang ingin cari duit. Tapi, dengan cara nggak baik,” paparnya.

Sejak Hangabehi naik takhta menjadi PB XIII, abdi dalem tersebut mengaku sama sekali belum pernah melihatnya di Siti Hinggil Keraton, tempatnya berjaga selama ini. Ia juga jarang melihat rajanya itu berjalan-jalan sekadar menyapa abdi dalem yang bertugas di keraton.

“Sejak menjadi raja, saya belum pernah sowan atau bicara secara langsung. Hanya melihatnya saja dari kejauhan saat jumenengan,” akunya.

(ris)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini