Share

Dosen Unsoed Ciptakan Cash Register Mobile

Margaret Puspitarini, Okezone · Jum'at 18 Mei 2012 17:02 WIB
https: img.okezone.com content 2012 05 18 373 631409 eNlgvT1A41.jpg Foto : Unsoed

JAKARTA - Inovasi menjadi lebih bermakna ketika dapat dimanfaatkan oleh masyarakat luas. Hal ini pula yang mendasari Dosen Teknik Informatika Universitas Jenderal Soedirman (Unsoed) Purwokerto Bangun Wijayanto.

Bangun berhasil membuat cash register berbasis android untuk Usaha Kecil Menengah (UKM). Menurut Bangun, piranti lunak tersebut dapat berjalan di ponsel maupun tablet. “Dengan software tersebut fungsi personal computer (PC) dapat digantikan dan UKM dapat memiliki cash register dengan harga yang murah,“ kata Bangun seperti dilansir dari laman Unsoed, Jumat (18/5/2012).

Baca Juga: Lifebuoy x MNC Peduli Ajak Masyarakat Berbagi Kebaikan dengan Donasi Rambut, Catat Tanggalnya!

Dia menambahkan, pada versi terbaru, cash register tersebut sedang dikembangkan dengan support barcode reader menggunakan kamera pada ponsel maupun tablet. Ketertarikan Bangun terhadap inovasi ini dimulai ketika mengetahui bahwa para pedagang seringkali merasa kesulitan merekam data penjualan. “Dengan UKM cash register berbasis android, seorang pedagang kecil pun dapat memiliki komputer untuk merekam penjualan tetapi hanya dengan menggunakan ponsel maupun tablet yang harganya di bawah Rp1 juta,” tutur Bangun.

Dengan adanya aplikasi ini, lanjutnya, para pedagang tidak perlu lagi mengingat atau mencatat penjualan dan jumlah stok barang. "Para pedagang tinggal membuka ponsel atau tablet ketika melakukan transaksi. Jadi lebih mobile, karena biasanya pedagang kecil atau UKM selalu bergerak dalam berniaga,“ ungkap dosen yang kini juga tengah mengembangkan android untuk Posyandu.(mrg)

(rhs)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini