Share

Mahasiswa HI Diskusikan Pemilu AS

Margaret Puspitarini, Okezone · Jum'at 18 Mei 2012 17:08 WIB
https: img.okezone.com content 2012 05 18 373 631636 Xao189dZbG.jpg Gubes Ilmu Politik dari University of Kansas, AS, Burdett A Loomis. (Foto: Margaret P/okezone)

JAKARTA - Para mahasiswa jurusan Hubungan Internasional Universitas Kristen Indonesia (UKI) tampak antusias mengikuti diskusi bertajuk Elections for Teens di @America, Pacific Place, Jakarta Selatan.

Sebagai narasumber, hadir Guru Besar Ilmu Politik dari University of Kansas, Amerika Serikat (AS), Burdett A Loomis. Pemilihan Umum (Pemilu) menjadi topik yang diangkatnya, mengingat AS akan menggelar pemilu pada tahun ini serta memberi gambaran akan Pemilu Indonesia pada 2014 mendatang.

Baca Juga: Lifebuoy x MNC Peduli Ajak Masyarakat Berbagi Kebaikan dengan Donasi Rambut, Catat Tanggalnya!

Dalam presentasinya, Loomis memaparkan segala bentuk mekanisme Pemilu AS, sekilas profil kandidat presiden AS 2012, hingga permasalahan yang mucul pada Pemilu AS. Ternyata, topik ini mampu menyedot perhatian para peserta.

Salah satu topik yang menjadi mayoritas pertanyaan para peserta adalah peluang kemenangan Barack Obama atau Mitt Romney di pemilu kali ini. Tasya, salah seorang peserta diskusi mengaku mendapat banyak manfaat dengan mengikuti diskusi ini. "Saya jadi dapat banyak info mengenai dua kandidat utama Pemilu AS tahun ini serta bagaimana program-program yang disusun kedua kandidiat," ujar Tasya, Jumat (18/5/2012).

Mahasiswa jurusan HI UKI ini menyebutkan, informasi yang diberikan oleh Prof. Loomis membuka wawasannya tentang mekanisme Pemilu di AS. "Saya tertarik ikut karena sesuai dengan program studi (prodi) AS yang saya ambil. Saya pun jadi mengatahui ternyata ada masalah seputar pemilu di Indonesia yang juga terjadi di AS," kata mahasiswa semester enam tersebut.

(rfa)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini