nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Pemkot Yogya Hapus Santunan Kematian Sebesar Rp600 Ribu

Prabowo, Jurnalis · Senin 28 Mei 2012 19:12 WIB
https: img.okeinfo.net content 2012 05 28 510 637074 oOfMkWF6fh.png Logo Pemkot Jogjakarta (sumber www.jogjakota.go.id)

YOGYAKARTA - Wali Kota Yogya, Haryadi Suyuti, mengeluarkan Surat Edaran (SE) yang menghapus dana santunan kematian sebesar Rp600 ribu. Pasalnya, pemberian santunan yang ada sejak 2006 lalu itu dianggap bertabrakan dengan Permendagri No 32 tahun 2011 tentang Petunjuk Penyaluran Dana Hibah dan Bansos.

"Dasar hukumnya tidak ada, memberikan dana santunan kematian sehingga perlu dihilangkan," jelas Haryadi, Senin (28/5/2012).

Dia tidak ingin kebijakan yang dibuat berseberangan dengan aturan yang berlaku di pemerintah. Secara teknis, Pemkot Yogya sudah menutup pemberian santunan kematian itu sejak tanggal 23 Mei lalu. Untuk itu, Haryadi memberikan surat edaran untuk kecamatan agar dilanjutkan ke kelurahan dan disosialisasikan ke masyarakat.

Surat Edaran itu diterima warga Yogya pagi tadi. Bunyi dari edaran itu, "Menindaklanjuti Surat Edaran Wali Kota Yogya Nomor 472/25 tanggal 15 Mei 2012 tentang Santunan Kematian bahwa berdasarkan pada kentuan Peraturan Menteri Dalam Negeri No 32 tahun 2011 tentang Pedoman Pemberian Hibah dan Bantuan Sosial yang Bersumber dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah, maka pemerintah Kota Yogya tidak dapat memberikan santunan kematian mulai 2012 ini."

Kepala Dinas Sosial Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Dinsosnakertrans) Kota Yogyakarta, Muhammad Sarjono, menyampaikan saat ini masih ada 995 pemohon santunan. Namun, pemerintah tidak bisa mengabulkan permintaan warga masyarakat.

"Kami akan berikan penjelasan kepada warga masyarakat. Berkas permohonan yang sudah terlanjur masuk akan kami beri balasan," jelasnya.

Sementara di empat kabupaten lainnya (Sleman, Bantul, Kulonprogo, dan Gunungkidul) tidak ada uang santunan kematian dari pemerintah yang dananya diambil dari APBD.

(ris)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini