nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Abrasi Ancam Potensi Wisata di Kepulauan Spermonde

Rudi Gunawan, Jurnalis · Selasa 29 Mei 2012 05:15 WIB
https: img.okeinfo.net content 2012 05 29 340 637260

MAKASAR - Belasan pulau yang berada di kawasan gugusan Kepulauan Spermonde, Makassar, terancam hilang akibat abrasi pantai. Kondisi tersebut terjadi akibat tidak adanya tanggul penahan ombak yang setiap musim barat menghantam pulau pulau di kawasan tersebut khususnya pulau yang tidak berpenghuni, Senin (28/5/2012).  

Menurut Walikota Makasar, Ilham Arief Sirajuddin, luas sejumlah pulau pulau yang berada dalam gugusan Kepulauan Spermonde kini semakin berkurang setiap tahunnya. Kondisi tersebut terjadi akibat cuaca ekstrim, dengan tingginya ombak pada musim barat yang menimbulkan abrasi pantai sehingga mengikis bibir pantai pulau pulau tersebut.

 

Hal ini dijuga disebabkan karena kurangnya penanganan infrastruktur terhadap pulau-pulau tersebut, dengan cara pemasangan tanggul penahan ombak, dan minimnya jumlah pohon yang tumbuh di daratan kepulauan.

 

Ilham mengatakan ada sebelas pulau yang berada dalam gugusan Kepulauan Spermonde, beberapa di antaranya tidak berpenghuni, namun cukup menarik dan berpotensi sebagai tujuan wisata bahari.

 

Salah satu pulau yakni Pulau Kodingareng Keke, yang dulunya cukup eksotis, dan hanya di tempuh sekitar 30 hingga 40 menit dari Kota Makassar, sekarang kondisinya cukup memprihatinkan. Sejumlah cottage serta penginapan telah hilang, akibat abrasi pantai yang mengurangi luas pulau tersebut.

 

Ancaman abrasi di gugusan Kepulauan Spermonde yang dulunya sebagai tempat tujuan wisata bahari, tentu akan mengurangi jumlah lokasi yang menjadi tujuan para wisatawan baik domestik maupun mancanegara.(ctr)

(Munir)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini