Image

UM Gandeng China Buka S-1 Double Degree

Margaret Puspitarini, Jurnalis · Kamis 31 Mei 2012, 19:05 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2012 05 31 373 639005 XfHwUdBcpw.jpg Ilustrasi : Corbis

JAKARTA - Universitas Negeri Malang (UM) menjalin kerjasama internasional dengan Nanjing Normal University (NNU) China. Kedua belah pihak sepakat menggelar  Program Gelar Ganda (Double Degree) jurusan Bisnis Internasional.

Jurusan baru ini nantinya akan menjadi kolaborasi 2+2. Artinya, di dua tahun pertama, mahasiswa akan menempuh pendidikan di UM, dan dua tahun sisanya akan diselesaikan di NNU. Namun tentu saja, yang berhak menempuh sisa dua tahun studi di NNU hanya mahasiswa yang memenuhi standar kompetensi yang telah ditentukan UM dan NNU.

Untuk input mahasiswa, UM yang akan merekrut para calon mahasiswa dengan standar yang telah ditentukan oleh NNU. Kurikulum jurusan ini terdiri dari 28 Sistem Kredit Semester (SKS) Pendidikan Umum, 30 SKS mata kuliah dasar, 56 SKS mata kuliah inti, dan 30 SKS mata kuliah pilihan. Beratnya usaha untuk masuk di jurusan ini akan sesuai dengan prospek yang dijanjikan. Salah satu keunggulan dari program kerjasama ini adalah para lulusannya mendapat pengakuan penuh dari pemerintah China. Tidak hanya itu, kamu akan mendapat dua gelar, yaitu Sarjana Ekonomi dari UM dan Bachelor of Economic dari NNU.

Dalam sambutannya Rektor UM Suparno menginginkan kerjasama ini akan menjadi kerjasama yang aktif. Keinginan Suparno ternyata langsung mendapat tanggapan positif dari Rektor NNU Song Yongzhong. "Terima kasih kepada Rektor yang telah menerima kedatangan kami di sini. Semoga kerjasama ini tidak berakhir di atas kertas, dan kami harap Program Gelar Ganda Bisnis Internasional ini diikuti dengan jurusan lainnya," ujar Yongzhong, seperti dilansir dari UM, Kamis (31/5/2012).

NNU memiliki latar belakang sejarah yang sama dengan UM. Perguruan tinggi yang terbentuk pada 1902 ini dulunya merupakan institusi yang setara dengan Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan (IKIP) yang berfokus untuk menghasilkan tenaga pengajar. "Bersama dengan kunjungan ini, kami mengundang Bapak Rektor untuk mengunjungi perayaan ulang tahun universitas kami yang ke-110 pada 9 September mendatang," tuturnya.(mrg)

(rhs)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini