Share

IPB Gelar Pelatihan untuk Guru PAUD

Margaret Puspitarini, Okezone · Jum'at 08 Juni 2012 17:16 WIB
https: img.okezone.com content 2012 06 08 373 643812 BSZa1Wxs2s.jpg Image: corbis.com

JAKARTA - Departemen Ilmu Keluarga dan Konsumen (IKK) Institut Pertanian Bogor (IPB) bekerjasama dengan Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) IPB menggelar pelatihan bagi guru PAUD. Pelatihan yang berlangsung selama dua hari ini diikuti puluhan guru dari 51 PAUD binaan IPB yang ada di 17 Desa Lingkar Kampus IPB dan 1 PAUD dari Bogor Timur.

Salah satu narasumber pelatihan tersebut, yakni Melly Latifah mengungkapkan, tujuan dari pelatihan ini adalah untuk memperkaya wawasan dan pengetahuan guru-guru PAUD dari 17 Desa Lingkar Kampus IPB mengenai pendidikan holistik dan berbasis karakter. "Kami menyadari tidak semua guru PAUD memiliki konsep mendidik anak yang memadai dan sesuai dengan ilmu atau teori tumbuh kembang anak, psikologi anak, serta pendidikan yang tepat untuk anak usia dini," ujar Melly, seperti dikutip dari siaran pers yang diterima Okezone, Jumat (8/6/2012).

Baca Juga: Lifebuoy x MNC Peduli Ajak Masyarakat Berbagi Kebaikan dengan Donasi Rambut, Catat Tanggalnya!

Melly menambahkan, beberapa guru PAUD tersebut bahkan mungkin belum pernah menempuh sekolah PAUD. Hal ini karena gaji para guru yang rendah maka sebagian besar masih sistem sukarela. Selama ini Departemen IKK IPB fokus dalam membina guru TK dan PAUD di Indonesia. Untuk wilayah Bogor, Departemen IKK sudah membangun empat PAUD/TK informal Semai Benih Bangsa (SBB) yang tergabung dalam Indonesia Herritage Foundation.

"Oleh karenanya dengan adanya kegiatan ini, diharapkan dapat membantu guru-guru PAUD dalam menentukan kurikulum yang tepat dalam pengajarannya," tandasnya.

(rfa)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini