Share

Semua Prodi ITS Sudah Terakreditasi

Margaret Puspitarini, Okezone · Selasa 12 Juni 2012 15:04 WIB
https: img.okezone.com content 2012 06 12 373 645754 EXvuN3Lfrv.jpg Ilustrasi : Corbis

JAKARTA - Kualitas sebuah program studi (prodi) dalam lembaga pendidikan diukur melalui akreditasi. Sebagai sebuah lembaga pendidikan tinggi yang cukup diminati para pelajar, Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya selalu berupaya mendapatkan akreditasi untuk tiap prodi baik secara nasional maupun internasional.

Namun, beberapa waktu lalu, tersiar kabar jika sejumlah program studi di ITS memiliki akreditasi yang kedaluwarsa. Kabar ini pun mendapat penjelasan dari Pembantu Rektor I bidang akademik dan kemahasiswaan Herman Sasongko.

Baca Juga: Dukung Pengawasan Sumber Daya Kelautan dan Perikanan, Kabupaten Morowali Hibahkan Tanah ke KKP

Herman menyatakan, semua prodi di ITS telah mengajukan pembaharuan akreditasi sejak 16 Mei lalu. ''Masalahnya bukan karena program studi ITS tidak terakreditasi, tapi hanya belum diperpanjang,'' ungkap Herman, seperti dilansir dari ITS Online, Selasa (12/6/2012).

Dia menerangkan, hal itu dikarenakan Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) yang tidak segera melakukan visitasi ke seluruh prodi di ITS. Mulai awal tahun, lanjutnya, bidang akademik ITS sebenarnya sudah melakukan monitoring akreditasi. ''Proses pengajuan dan perpanjangan akreditasi itu memang memakan waktu yang lama,'' tutur dosen Teknik Mesin ITS ini.

Secara keseluruhan, Herman menyatakan, semua prodi di ITS telah terakreditasi oleh BAN-PT. Sekalipun ada yang belum terakreditasi, hal tersebut hanya terjadi pada program studi baru yang memang belum memerlukan akreditasi. Bahkan, saat ini ITS menyandang predikat Akreditasi Amat Baik (A) dari BAN-PT.(mrg)

(rhs)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini