nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

SBY Angkat Nafsiah Mboi Jadi Menkes

K. Yudha Wirakusuma, Jurnalis · Rabu 13 Juni 2012 11:47 WIB
https: img.okeinfo.net content 2012 06 13 339 646394 DDHm7hAx1X.jpg Ilustrasi (Foto: Dok Okezone)

BOGOR - Teka-teki pengganti Endang Rahayu Sedyaningsih sebagai menteri kesehatan, akhirnya terjawab. Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) secara resmi menunjuk Nafsiah Mboi menggantikan Endang.

"Menkes, saya percayakan kepada Ibu Dr Ny Nafsiah Mboi SPA MBA," kata SBY di Istana Bogor, Jawa Barat, Rabu (13/6/2012).

SBY menyatakan telah mempelajari rekam jejak Nafsiah Mboi. Menurut dia, Nafsiah merupakan sosok yang memiliki kemampuan, pengalaman, dan pengabdian panjang kepada bangsa dan negara melalui bidang kesehatan.

“Beliau di waktu yang lalu dan sekarang memiliki komitmen dan kerja nyata untuk menyehatkan masyarakat. Oleh karena itu, saya pandang tepat dan cakap untuk jabat Menkes,” tegasnya.

Kosongnya posisi Menteri Kesehatan selama lebih dari sebulan sempat membuat publik berspekulasi mengenai figur yang akan menempati posisi tersebut. Ketua DPP Golkar, Priyo Budi Santoso, menyatakan alangkah baiknya Presiden SBY mengangkat Wakil Menteri Kesehatan Ali Ghufron Mukti sebagai Menteri Kesehatan secara tetap.

"Saya kira presiden punya hak untuk memformalkan Wamenkes sekalian sebagai Menkes penuh," kata Priyo.

Menurut Priyo, Ghufron memiliki kapasitas yang mumpuni untuk menjabat sebagai Menkes. Namun keputusan tersebut kembali kepada Presiden SBY. Karena hal itu merupakan hak prerogratif presiden. "Pak Ghufron masuk kriteria itu. Tapi silakan saja, karena itu kewenangan presiden," ujar Priyo.

Sebelumnya, Presiden SBY dikabarkan telah menunjuk Nafsiah Mboi sebagai Menteri Kesehatan. Namun, saat dikonfirmasi, Nafsiah mengatakan belum mengetahui kebenaran kabar tersebut. "Pemberitaan itu harusnya tanya dari RI 1,” singkat Nafsiah saat dihubungi Okezone.

Kendati demikian, Nafsiah tidak menampik ada komunikasi antara dirinya dan pihak Istana. “Komunikasi ada, tapi tentang AIDS, kesehatan, dan lainnya,” kilahnya.

(ful)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini