Share

Awal Juli, Unanda Resmi Jadi PTN

Rabu 13 Juni 2012 10:05 WIB
https: img.okezone.com content 2012 06 13 373 646301 rKIJ2ocFxa.jpg Image: corbis.com

PALOPO – Universitas Andi Djemma (Unanda) Palopo segera ditetapkan sebagai salah satu perguruan tinggi negeri (PTN). Unanda akan ditetapkan bersama 12 perguruan tinggi swasta (PTS) lainnya di Indonesia.

Penetapan Unanda menjadi PTN ini tinggal menunggu SK dari pemerintah pusat. Pimpinan 13 PTS yang akan jadi PTN itu diundang Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Dirjen Dikti Kemendikbud) menghadiri rapat penyiapan sumber daya manusia besok, di Hotel Grand Sahid, Jakarta.

Baca Juga: Dukung Pengawasan Sumber Daya Kelautan dan Perikanan, Kabupaten Morowali Hibahkan Tanah ke KKP

"Alhamdulillah, Unanda sudah memasuki fase detik-detik menuju negeri. Ada 13 pimpinan PTS yang diundang mengikuti rapat terkait penegerian ini di Jakarta," ujar Rektor Unanda Palopo, Prof. DR. Lauddin Marsuni saat menggelar jumpa pers di Palopo, kemarin.

Ke-13 PTS yang akan berubah jadi PTN tersebut yakni Unanda Palopo (Sulsel), Universitas Teuku Umar (Aceh), Universitas Samudera Langsa (Aceh), Politeknik Ketapang (Kalbar), Universitas Graha Nusantara (Sumut), Politeknik Sendawar Nunukan (Kaltim), Politeknik Terpikat Sambas (Kalbar), Universitas Sulawesi Barat (Sulbar), Politeknik Banyuwangi, Universitas Kolaka (Sulteng), Politeknik Muara Teweh, dan Universitas Timor (NTT).

Lauddin optimistis, penetapan menjadi PTN itu selambatnya dilakukan pada Juli 2012 mendatang, mengingat seluruh persyaratan telah dipenuhi sejak awal Juni lalu. "Mudah-mudahan Juli sudah terealisasi, sehingga Unanda akan menjadi PTN pertama di Sulsel yang berada di luar Makassar," kata Lauddin.

Unanda menargetkan akan menerima 1.000 mahasiswa baru tahun akademik 2012/2013. Namun kata Lauddin, pihaknya tidak membatasi jumlah mahasiswa yang akan diterima di tengah prose Unanda menjadi PTN. "Kalau 2.000-an mahasiswa baru, kami masih bisa diterima," katanya. (chaerul baderu/koran si)

(rfa)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini