Share

Cari Buku di Perpustakaan Lewat SMS

Margaret Puspitarini, Okezone · Jum'at 22 Juni 2012 11:02 WIB
https: img.okezone.com content 2012 06 21 373 651294 fkZpwB0PVI.jpg Ilustrasi : Corbis

JAKARTA - Handphone atau telepon genggam merupakan teknologi yang tidak terlepas dari kehidupan masyarakat sehari-hari. Namun, tim Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Penelitian Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) memanfaatkan teknologi ini dalam bidang perpustakaan.

Tim yang terdiri atas Andri Kurniawan (Pendidikan Teknik Informatika), Yusron Mubarok (Pendidikan Teknik Otomotif), dan Fajar Mubarok (Pendidikan Teknik Sipil) menyajikan makalah berjudul “Sistem Pencari Buku (Siriku), Implementasi Teknologi Informasi Berbasis SMS sebagai Fasilitas Tambahan di Perpustakaan.” Ide awal penulisan makalah didasari fakta bahwa telepon genggam telah menjadi bagian dari gaya hidup mahasiswa sebagai alat berkomunikasi dan menerima berbagai informasi.

Baca Juga: Dukung Pengawasan Sumber Daya Kelautan dan Perikanan, Kabupaten Morowali Hibahkan Tanah ke KKP

Menurut Andri Kurniawan, Siriku sebagai aplikasi pencarian buku perpustakaan berbasis pesan singkat (SMS) ini terdiri dari sebuah komputer yang terhubung dengan modem. “Software pada komputer yang digunakan untuk menerima dan mengirim SMS adalah Visual Basic 6.0 sebagai program utama dan software MySQL sebagai database buku,” ungkap Andri, seperti dikutip dari situs UNY, Jumat (22/6/2012).

Program ini dapat menerima dan mengirim pesan singkat sebanyak 160 karakter. Setelah user mengirimkan SMS ke nomor ponsel server sesuai dengan kata kuncinya maka server akan langsung membalas SMS tersebut yang berupa informasi status buku itu ada, dipinjam atau tidak ada. "Jika buku tersebut tidak ada dalam database server maka server akan memberikan SMS balasan yang menjelaskan bahwa buku tersebut belum ada dan memberikan kata kunci lain untuk informasi buku," ujarnya menambahkan.

Hasil inovasi para mahasiswa ini berhasil menyabet juara pertama dalam Java Paper Competition 2102 yang diselenggarakan oleh UKM Student Scientific Center (SSC) FMIPA Universitas Negeri Semarang (Unnes) belum lama ini. Java Paper Competition 2012 merupakan salah satu bagian dari Scientific Vaganza yang pada tahun ini mengangkat tema “Be The Greet Scientific People Through Innovation and Technology”.

Java Paper Competition merupakan kompetisi yang merangsang kreativitas pengembangan inovasi dan teknologi bagi mahasiswa PT  se-Jawa. Peserta mengirimkan karya tulis yang memaparkan bentuk penelitian kecil untuk diseleksi terlebih dahulu. Kemudian sepuluh peserta terbaik diundang ke Unnes untuk mempresentasikan hasil penelitian dengan membawa produk dan menunjukkan poster kepada juri yang telah ditentukan.(mrg)

(rhs)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini