Share

Mapala 09 Unhas Akan Taklukkan Mount Elbrus

Jum'at 29 Juni 2012 10:50 WIB
https: img.okezone.com content 2012 06 29 373 655884 dAmngqOfLv.jpg Image: Corbis

MAKASSAR - Mahasiswa Pencinta Alam (Mapala) 09 Fakultas Teknik Universitas Hasanuddin (Unhas) kembali membuat gebrakan. Setelah tahun lalu berhasil menaklukkan puncak tertinggi Indonesia, Cartenz Piramid, Pegunungan Jayawijaya, Papua, kini mereka akan mendaki puncak tertinggi di Eropa, yakni Mount Elbrus di Rusia. Rencana pendakian yang diberi nama Ekspedisi Ewako Merah Putih (Mount Elbrus 5642 MDPL, Russian, Eropa Timur) dilaksanakan pada September-Oktober 2012.

Ketua Panitia Kegiatan Aan Anggareksa berkata, saat ini persiapan pendakian sudah sampai pada tahap persiapan khusus dengan melakukan simulasi pendakian di Gunung Bawakaraeng, Malino, Kabupaen Gowa. Untuk mematangkan diri, dilakukan persiapan khusus berupa simulasi pendakian. Namun, untuk lokasi simulasi yang dianggap paling mendekati kondisi lapangan di Elbrus nantinya, masih menunggu instruksi dari tim pelatih yang berada di Jakarta.

Baca Juga: Lifebuoy x MNC Peduli Ajak Masyarakat Berbagi Kebaikan dengan Donasi Rambut, Catat Tanggalnya!

Aan bertutur, persiapan yang sudah dilakukan sebelumnya meliputi latihan kardiovascular (ketahanan jantung), strength (kekuatan otot kaki, otot tangan, dan otot perut), flexibility (kelenturan), dan breath exercices (latihan pernapasan dasar). "Sekarang jumlah atlet yang masih bertahan tersisa tujuh orang dari 11 orang yang mendaftarkan diri sebagai calon atlet Tim Ekspedisi Ewako Merah Putih," ungkapnya.

Gunung Elbrus merupakan puncak tertinggi di Benua Eropa yang berada di dekat perbatasan antara Rusia dan Georgia. Gunung ini memiliki ketinggian 5.642 meter dari permukaan laut (Mdpl) atau 18.510 kaki dengan medan salju yang cukup ekstrim. Menurut Aan, sampai saat ini kepanitiaan masih gencar melakukan penggalangan bantuan dan sponsorship dari berbagai lembaga, baik di tingkat internal kampus, birokrasi pemerintahan, maupun pihak swasta. "Kami berharap mendapat dukungan berbagai pihak agar misi pengibaran bendera merah putih dapat terealisasi," katanya.

Kelompok pencinta alam di Kampus Merah cukup getol melakukan kegiatan kepetualangan yang membanggakan. Tak hanya Unhas atau tingkat Sulsel, tapi Juga Indonesia. Beberapa waktu lalu, Korps Pencinta Alam (Korpala) Unhas juga berhasil menggelar Ekspedisi Pelayaran Akademis (EPA) II dengan menggunakan perahu khas suku Mandar, Sandeq, dengan rute Makassar-Darwin, Australia.

Pada ekpedisi sebelumnya (EPA I), mahasiswa dari Korpala Unhas juga sudah membuktikan ketangguhan pelaut-pelaut dari jazirah Sulawesi dengan melakukan pelayaran hingga Negeri Jiran Malaysia dan beberapa negara tetangga lainnya. (herni amir/koran si)

(rfa)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini