Share

UGM, UI, dan ITB Kembangkan Infrastruktur

Margaret Puspitarini, Okezone · Jum'at 29 Juni 2012 11:58 WIB
https: img.okezone.com content 2012 06 29 373 655937 xcegohyUmR.jpg Foto : Rektor UGM Pratikno, serta perwakilan UI dan ITB menandatangani nota kesepahaman disaksikan Menko Perekonomian Hatta Rajasa/UGM

JAKARTA - Tiga perguruan tinggi negeri (PTN) ternama di Nusantara melakukan kerjasama dalam pengembangan infrastruktur. Ketiga PTN tersebut adalah Universitas Gadjah Mada (UGM), Yogyakarta, Universitas Indonesia (UI), dan Institut Teknologi Bandung (ITB).

Nota kesepakatan tersebut ditandatangani oleh Rektor UGM Pratikno, Rektor UI yang diwakili oleh Wakil Rektor Bidang Penelitian, Pengembangan, dan Kerjasama Industri, Sunarji, dan Rektor ITB yang diwakili oleh Wakil Rektor Bidang Riset dan Inovasi Wawan Gunawan A Kadir. Pada penandatangan yang berlangsung kemarin, hadir pula Menteri Koordinator (Menko) Perekonomian RI, Hatta Rajasa, dan sejumlah pimpinan di lingkungan UGM.

Baca Juga: Lifebuoy x MNC Peduli Ajak Masyarakat Berbagi Kebaikan dengan Donasi Rambut, Catat Tanggalnya!

Pratikno mengatakan, UGM, UI, dan ITB sepakat melakukan kerjasama dalam pengembangan infrastruktur dalam rangka mendorong Masterplan Percepatan dan Perluasan Pembangunan Ekonomi Indonesia (MP3I) dalam bidang infrstruktur yang progresif dan berkeadilan. “Hal ini menjadi pekerjaan berat bagi perguruan tinggi untuk ikut berkontribusi memikirkan pendidikan dalam bidang infrastruktur,” tutur Pratikno, seperti dilansir dari laman UGM, Jumat (29/6/2012).

Dia mengungkapkan, kerjasama dengan UI dan ITB juga akan dilaksanakan dalam bidang penelitian manajemen infrastruktur yang progresif dan berkeadilan serta pengabdian masyarakat (KKN). “Juga dalam hal desiminasi dan pertukaran informasi antarperguruan tinggi serta pemerintah. Harapannya hal ini bisa mendukung pemerintah saat membuat kebijakan berbasis data,” ujarnya menambahkan.

Pratikno berharap, dengan kerjasama yang dilakukan UGM, UI, dan ITB secara bersama-sama mampu membawa Indonesia menjadi bangsa yang kuat, bermartabat, mandiri serta berkiprah di dunia internasional. ”Semoga kerjasama ini bisa ditingkatkan dalam level implementatif dan memberi manfaat bagi masyarakat dan bangsa,” pungkasnya.

Pernyataan senada juga diungkapkan Wakil Rektor Bidang Penelitian, Pengembangan, dan Kerja Sama Industri UI, Sunarji. Pihaknya berharap, kerjasama tersebut dapat memberikan manfaat yang nyata bagi masyarakat Indonesia. “Kerjasama ini merupakan perpanjangan dari kerjasama yang telah dilakukan sebelumnya. Harapannya di masa datang bisa lebih ditingkatkan untuk memberikan masukan ke pemerintah yang bisa memberi manfaat bagi rakyat Indonesia,” ujar Sunarji.

Sementara itu, Wakil Rektor Bidang Riset dan Inovasi ITB Wawan Gunawan A Kadir juga menyampaikan harapan serupa. Dia berharap, dengan kerjasama yang dilakukan secara bersama-sama mampu membangun bangsa sesuai dengan yang dicita-citakan. “Dari kerjasama ini diharapkan bisa menghasilkan sesuatu yang bermanfaat di masa datang. Selain itu, kerjasama yang dilakukan ke depan bisa terus berlangsung,” papar Wawan.(mrg)

(rhs)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini